Tiga Pasangan Independen Serahkan Berkas Dukungan

Ketua KPU Tulungagung, Suyitno Arman, saat menerima penyerahan berkas dukungan pasangan bakal calon independen Subani-Agus Darwito. Pasangan tersebut tercatat sebagai pasangan independen pertama yang melakukan penyerahan berkas dukungan pada KPU Tulungagung.

Tulungagung, KPU Tulungagung, KPU Tulungagung, Rabu (15/8), kebanjiran penyerahan berkas dukungan pasangan bakal calon independen (perseorangan) Pemilukada Tulungagung 2013. Di hari terakhir jadwal penyerahan berkas dukungan tersebut ada tiga pasangan bakal calon independen yang menyerahkan berkas dukungan.

Ketiga pasangan bakal calon tersebut adalah pasangan Ir Subani MMA-drg Agus Darwito Mkes, pasangan Drs H Bangun Harmanto SE Msi-Soniman Efendi dan pasangan Ir Sukriston-Widi Hariyanto.

Sampai pukul 16.00 WIB saat berita ini ditulis, dua pasangan yakni pasangan Subani-Agus Darwito dan pasangan Bangun Harmanto-Soniman Efendi sudah menyerahkan berkasnya masing-masing pada Ketua KPU Tulungagung, Suyitno Arman Ssos Msi. Sedang pasangan Ir Sukriston masih menunggu menyerahkan berkasnya setelah proses penelitian kelengkapan berkas dukungan pasangan Bangun Harmanto-Soniman Efendi selesai dilakukan oleh tim KPU Tulungagung.
“Sampai sekarang (pukul 16.00 WIB) kami masih melakukan penelitian kelengkapan berkas dukungan pasangan Bangun Harmanto-Soniman Efendi. Untuk pasangan Sukriston-Widi Hariyanto, karena sudah masuk kantor KPU sebelum pukul 16.00 WIB maka berkas dukungan mereka akan kami terima juga, tetapi waktunya setelah selesai rekapan penelitian untuk pasangan Bangun Harmanto-Soniman Efendi,” ujar anggota KPU Tulungagung, Suprihno SPd MPd.

Sebelumnya, Subani saat menyerahkan berkas dukungan mengatakan 71.599 jiwa yang mendukung pencalonan dirinya bersama Agus Darwito berasal dari 19 kecamatan di Tulungagung dan 265 desa/kelurahan dari 271 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Tulungagung. Karenanya dia yakin bakal lolos verifikasi berkas dukungan yang syarat minimalnya 35.598 jiwa dan sebarannya berada di minimal 10 kecamatan.

Sedang Bangun Harmanto yang menyerahkan berkas dukungannya pada pukul 14.00 WIB mengklaim telah mendapat dukungan 36.138 jiwa dengan sebaran di 11 kecamatan yang mencakup 129 desa/kelurahan.
Ketua KPU Tulungagung, Suyitno Arman SSos MSi ketika dikonfirmasi disela rekap jumlah dukungan untuk pasangan Bangun-Soniman menyatakan setelah berkas dukungan diteliti kelengkapannya, KPU Tulungagung akan segera melakukan verifikasi berkas dukungan. Berkas dukungan diverifikasi oleh petugas PPS (Panitia Pemungutan Suara) yang berada di desa dan kelurahan.

“Dari verifikasi ini nanti bakal diketahui apakah pasangan bakal calon independen benar-benar memenuhi syarat minimal dukungan atau tidak. Kalau memang sudah memenuhi syarat minimal maka pasangan bakal calon tersebut bisa melakukan pendaftaran pasangan calon,” paparnya.

Menjawab pertanyaan, Arman menyebut setelah direkap dan diteliti oleh KPU Tulungagung jumlah dukungan untuk pasangan Subani-Agus Darwito tidak lagi berjumlah 71.599 tetapi berkurang menjadi 68.649 jiwa. “Karena itu pasangan Bagus tetap lolos untuk diverifikasi. Sementara untuk pasangan Bangun-Soniman masih kami teliti jumlah dukungannya apakah sama dengan 36.138 atau berkurang seperti pasangan Subani-Agus Darwito. Yang penting jangan sampai kurang dari 35.598 jiwa dan sebarannya minimal di 10 kecamatan,” jelasnya.

You may also like...

     
+100%-