DPT Ditetapkan Sebanyak 842.383 Pemilih

Suprihno memandu perhitungan jumlah DPT dalam Rapat Pleno Rekapitulasi DPT Pemilukada Tulungagung 2013.

Tulungagung, KPU Tulungagung
Jumlah pemilih dalam Pemilukada Tulungagung 2013 akhirnya diketahui dan ditetapkan sebanyak 842.383 jiwa dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilukada Kabupaten Tulungagung 2013 yang dilakukan KPU Tulungagung, Minggu (16/12).

Hadir dalam Rapat Pleno Rekapitulasi DPT Pemilukada Tulungagung 2013 yang dipimpin langsung Ketua KPU Tulungagung, Suyitno Arman SSos MSi tersebut, semua komisioner KPU Tulungagung dan Sekretaris KPU Tulungagung, Drs M Mafachir MM. Selain hadir pula perwakilan dari Polres Tulungagung, Panwaslu, seluruh Ketua serta Pokja Pemutakhiran Data PPK se-Tulungagung dan perwakilan instansi terkait dari Pemkab Tulungagung.

Ketua Pokja Pemutkahiran Data Pemilih KPU Tulungagung, Suprihno MPd, seusai rapat pleno mengungkapkan dengan hasil rekapitulasi DPT yang menunjukkan jumlah sebanyak 842.383 pemilih tidak bisa lagi dilakukan perubahan. “Perubahan jumlah pemilih saat ini sudah tidak bisa dilakukan lagi karena sudah ditetapkan secara pleno DPT-nya dan terkait pencetakan surat suara,” ujarnya.

Menurut Suprihno jumlah DPT sebanyak 842.383 pemilih didapat setelah dilakukan penetapan dan rapat pleno berjenjang mulai tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) sampai tingkat KPU Tulungagung. “Sebelumnya kami menerima DP4 dari Pemkab dan telah melakukan pemutakhiran data DPS (Daftar Pemilih Sementara). Proses untuk penetapan menjadi DPT harus melalui beberapa jenjang dan waktu. Setelah pemutakhiran data DPS dan diumumkan selama 21 hari kemudian ada DPT perbaikan, baru kemudian menjadi DPT dan juga harus diumumkan selama tiga hari. Yang terakhir penetapan pleno di KPU Tulungagung,” paparnya.

Secara rinci dari 842.383 pemilih yang telah ditetapkan sebagai pemilih dalam Pemilukada Tulungagung 2013, 418.806 pemilih di antaranya merupakan pemilih berjenis kelamin laki-laki. Sedang selebihnya merupakan pemilih berjenis kelamin perempuan. Atau bisa disebut pemilih perempuan merupakan yang terbanyak sebagai pemilih dalam Pemilukada Tulungagung 2013 yakni sebanyak 423.577 pemilih.

Suprihno menyebut semua pemilih yang terdaftar di DPT akan melakukan pencoblosan surat suara pada tanggal 31 Januari 2013 di tempat pemungutan suara (TPS) yang keseluruhan berjumlah 1.921 TPS. “Dari 19 kecamatan di Tulungagung yang terbanyak TPS-nya ada di Kecamatan Kedungwaru. Jumlahnya mencapai 153 TPS dan Kecamatan Kedungwaru juga tercatat sebagai daerah yang jumlah pemilihnya terbanyak. Yakni sebanyak 70.012 pemilih,” paparnya.

Sementara wilayah kecamatan yang jumlah pemilihnya paling sedikit adalah Kecamatan Tanggunggunung. Jumlah pemilih di daerah yang bertopografi pegunungan tersebut hanya berjumlah 19.892 jiwa.

You may also like...

     
+100%-