MENULIS BERITA, BUKAN PERSOALAN TEORI BELAKA!

Catatan dari workshop pengelolaan website KPU Jatim (1)

Peserta Workshop, Komisioner KPU Kabupaten/Kota se-Jatim (28/5)

Peserta Workshop, Komisioner KPU Kabupaten/Kota se-Jatim (28/5)

Rep./Ed. : Suyitno Arman 

Surabaya, kpu-tulungagungkab.go.id.__Menulis berita, bukan persoalan teori belaka, tetapi praktik. Kalimat kunci itu disampaikan Ainur Rohim penanggung jawab Beritajatim.com. saat tampil sebagai nara sumber pada workshop pengelolaan website KPU, Kamis (28/5/2016) di Ruang Aula KPU Povinsi Jawa Timur.

Menurut Ainur Rohim, menjadi jurnalis atau menulis sebuah berita memang tidak gampang, apalagi bagi seseorang yang sama sekali tidak pernah melakukannya. Terlebih jika tulisan atau berita itu harus memenuhi kaidah-kaidah jurnalistik yang ketat, punya nilai berita yang tinggi, dan layak dibaca atau disukai oleh khalayak/publik. Tentu hal itu membutuhkan latihan yang terus-menerus. Tidak bisa instan.

“Kerap kali penulis pemula juga terjebak antara hanya mempelajari teori-teori jurnalisme, sementara tidak dibarengi dengan kemampuan menulis beritanya dengan praktek langsung di lapangan. Padahal yang dibutuhkan untuk menjadi penulis yang hebat adalah menulis, menulis, dan menulis. Semakin sering menulis/memproduksi berita, maka secara otomatis kepekaan seseorang akan terasah dengan sendirinya.” papar alumnus Universitas Brawijaya Malang tersebut.

Ainur Rohim saat Memberikan Materi Kepada Peserta Workshop (28/5)

Ainur Rohim saat Memberikan Materi Kepada Peserta Workshop (28/5)

Ainur Rohim juga menambahkan, terkait dengan menulis berita untuk kepentingan website milik KPU, tentu tidak harus sama dengan menulis berita pada situs-situs online. “Situs berita online punya misi yang berbeda dan lebih luas, misalnya penyebaran informasi, pendidikan, kontrol sosial, dan lain sebagainya. Sementara website milik KPU tujuan yang terpenting sebenarnya adalah mengkomunikasikan atau mensosialisasikan ke masyarakat hal-hal apa saja yang dilakukan oleh KPU, serta mampu menjadikan dirinya sebagai sumber data resmi yang bisa dengan mudah diakses oleh publik. Itu saja sudah bagus” ujarnya.

Karena itu Ainur Rohim menyarankan kepada peserta workshop atau siapapun yang bertanggung jawab mengisi materi di website KPU untuk tidak ragu-ragu memulai belajar menulis berita. Caranya sangat sederhana yaitu dengan menulis, menulis, dan menulis. “Awalnya tidak harus baik. Tidak apa-apa rumus-rumus klasik semacam 5W+1H mungkin juga belum terpenuhi secara sempurna. Tetapi dengan semakin sering menulis sambil terus belajar, saya yakin pada akhirnya akan mampu menghasilkan tulisan yang baik.”

Selain Ainur Rohim, kegiatan workshop pengelolaan website KPU Jatim tersebut juga menghadirkan nara sumber Edy M. Ya’kub, jurnalis senior dari LKBN Antara Jatim, serta dipandu oleh moderator Gogot Cahyo Baskoro Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Pengembangan Informasi KPU Provinsi Jatim.  Hadir sebagai peserta adalah seluruh komisioner KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur yang membidangi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Pengembangan Informasi. (ARM)

PEMILU UNTUK KITA

MARI PRO AKTIF!!

Laporkan diri Anda atau saudara apabila:
  1. Pemilih Baru
  2. Meninggal Dunia
  3. Pindah Domisili (Masuk/Keluar Tulungagung)
  4. Purna/Menjadi TNI/POLRI
  5. Gangguan Jiwa
KLIK DISINI UNTUK LAPORKAN SEKARANG

Komisioner

Mohammad Fatah Masrun, M.Si

Suprihno, M.Pd

Agus Safei, SH

Suyitno Arman, S.Sos, M.Si

Victor Febrihandoko, S.Sos

Arsip Artikel

Pilkada 2013 Theme Song

audio

Artist: KPU Tulungagung
Song: Pilkada 2013 Theme Song
Album: -