TINGKATKAN KUALITAS WEBSITE, KPU TULUNGAGUNG GELAR WORKSHOP JURNALISTIK

Ruang yang akan digunakan untuk workshop jurnalistik(3/6)

Ruang yang akan digunakan untuk workshop jurnalistik(3/6)

Rep./Ed. : Suyitno Arman

Tulungagung, kpu-tulungagungkab.go.id.__Kualitas media online atau website resmi di lingkup KPU kabupaten/Kota di Jawa Timur terus dipacu. Salah satunya adalah kewajiban bagi seluruh KPU Kabupaten/kota untuk menggelar pelatihan jurnalistik bagi para komisioner dan seluruh pegawainya, baik yang PNS maupun non PNS. Tak terkecuali KPU Tulungagung. Jika tidak ada aral melintang, kegiatan yang merupakan instruksi resmi KPU Jatim itu akan digelar Jum’at sore ini (3/6/2016).

Ketua KPU Tulungagung Suprihno menjelaskan, acara bertajuk workshop penulisan berita dan artikel website itu akan menghadirkan dua nara sumber utama dari kalangan internal dan eksternal KPU. Dari luar KPU dihadirkan wartawan senior Harian Bhirawa Jatim Wiwieko Dharmaidiningrum. Pria yang juga pernah lama bertugas sebagai wartawan Harian Surya itu diminta untuk mempresentasikan pengalaman-pengalaman praksisnya selama lebih dari 15 tahun berkecimpung di dunia pers. Bagaimana cara-cara atau teknik menggali dan memproduksi berita, hingga tersaji sebuah berita yang menarik dan laik baca. “Nara sumber dari kalangan wartawan senior ini memang kita perlukan untuk meningkatkan kualitas workshop. Dan alhamdulillah beliau sudah menyatakan kesanggupannya.” Papar Suprihno.

Sementara dari internal KPU, akan tampil sebagai nara sumber adalah Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Pengembangan Informasi KPU Tulungagung Suyitno Arman. Komisioner KPU yang juga mantan jurnalis itu akan diminta fokus menyampaikan muatan-muatan pemberitaan dalam kaitannya dengan kebutuhan penulisan konten berita maupun artikel di website resmi KPU Tulungagung www.kpu-tulungagungkab.go.id.

Menurut Suyitno Arman, meski sama-sama harus mematuhi kaidah jurnalisme, namun ada sedikit perbedaan antara menulis untuk kepentingan pers umum dengan media resmi (website) sebuah institusi. “Di pers umum ada sisi bisnis, di website resmi KPU tidak. Pun demikian dengan goal yang ingin dicapai. Website resmi sebuah institusi biasanya paling utama tujuannya adalah sebagai media sosialisasi untuk mengkomunikasikan berbagai kebijakan, program, atau kegiatan dari lembaga tersebut kepada publik/khalayak luas. Selain itu media resmi institusi harusnya juga bisa sebagai penyedia sumber data-data penting, yang dibutuhkan atau bisa dipakai sebagai rujukan oleh siapapun yang memerlukan.” ujar komisioner yang juga pernah menjadi station redaktur di jaringan Mayangkara Radio Grup (MRG).

Workshop sendiri akan dilaksanakan Jum’at mulai jam 13.30 WIB bertempat di ruang media center KPU Tulungagung. Pesertanya adalah seluruh komisioner dan pegawai sekretariat KPU Kabupaten Tulungagung. (ARM)

PEMILU UNTUK KITA

MARI PRO AKTIF!!

Laporkan diri Anda atau saudara apabila:
  1. Pemilih Baru
  2. Meninggal Dunia
  3. Pindah Domisili (Masuk/Keluar Tulungagung)
  4. Purna/Menjadi TNI/POLRI
  5. Gangguan Jiwa
KLIK DISINI UNTUK LAPORKAN SEKARANG

Komisioner

Mohammad Fatah Masrun, M.Si

Suprihno, M.Pd

Agus Safei, SH

Suyitno Arman, S.Sos, M.Si

Victor Febrihandoko, S.Sos

Arsip Artikel

Pilkada 2013 Theme Song

audio

Artist: KPU Tulungagung
Song: Pilkada 2013 Theme Song
Album: -