MENULIS BERITA ONLINE CUKUP 5 MENIT

Catatan kecil dari pelaksanaan workshop penulisan berita & artikel website KPU Tulungagung (2)
Wiwieko Darmaidiningrum saat menjadi pembicara Workshop Penulisan Berita dan Artikel Website di KPU Kab.Tulungagung(3/6)

Wiwieko Darmaidiningrum saat menjadi pembicara Workshop Penulisan Berita dan Artikel Website di KPU Kab.Tulungagung(3/6)

Reporter : Suprihno/Agus Safe’i
Editor : Suyitno Arman

Tulungagung (kpu-tulungagungkab.go.id.)-Bagi seorang jurnalis menulis berita merupakan pekerjaan utama dan dilakukan setiap saat, ibarat petani mencangkul adalah keahlian dasar. Maka bagi petani untuk mencangkul dia tidak perlu lagi berfikir terlalu keras atau njelimet, karena sudah merupakan kebiasaannya. Begitu juga dengan Jurnalis, mereka hanya butuh waktu 5 menit untuk menghasilkan satu berita. Itu jika semua informasi dan data sudah ada. Kesimpulan itu disampiakan Wiwieko Darmaidiningrum Wartawan Senior Harian Bhirawa saat menjadi Pembicara dalam acara Workshop Penulisan Berita dan Artikel Website, yang di selenggarakan oleh KPU Tulungagung, Jumat (3/6/2016) di Media Center KPU.

“Menulis itu susah-susah gampang. Sulit bagi yang belum berpengalaman atau pemula. Tapi sangat mudah bagi yang sudah terbiasa atau terlatih. Bahkan bagi seorang wartawan profesional, hanya butuh waktu 5 menit untuk menulis satu berita” Ujar Wiwieko. Wartawan yang biasa memakai inisial WED  itu menambahkan, bagi penulis pemula memang perlu latihan dan praktek secara kontinu. Dirinya mencontohkan, wartawan-wartawan di media cetak bisa butuh waktu minimal 1 bulan untuk menulis dengan baik. Selama 1 bulan pertama, biasanya wartawan pemula akan di dampingi oleh senior atau langsung oleh redakturya.

Pemateri lainnya dari internal KPU Tulungagung adalah Koordinator Divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, dan pengembangan informasi Suyitno Arman. Komisioner KPU yang juga mantan jurnalis itu menjelaskan, bagi pemula menulis awalnya tidak harus baik. “Yang penting struktur piramida terbalik dan kaidah 5W+1H harus terpenuhi. Bahkan bagi pemula awalnya 5W+1H belum terpenuhi semua tidak apa-apa. Tetapi dengan sering belajar menulis, lama-kelamaan akan terasa sendiri mana kekurangannya. Dan suatu ketika pasti akan mampu menutupinya dan menghasilkan tulisan yang baik.”

Seperti diberitakan sebelumnya,  Workshop Penulisan Berita dan Artikel Website itu diikuti oleh seluruh komisioner dan staf sekretariat KPU Tulungagagung. Menurut Ketua KPU Tulungagung Suprihno tujuan diadakan kegitan itu adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis anggota dan seluruh pegawai KPU. Hal itu sebagai upaya KPU dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat tentang pemilu, kegiatan KPU dan persiapan KPU Kabupaten Tuungagung menyongsong Pilkada 2018. (YES/GUS/ARM)

PEMILU UNTUK KITA

MARI PRO AKTIF!!

Laporkan diri Anda atau saudara apabila:
  1. Pemilih Baru
  2. Meninggal Dunia
  3. Pindah Domisili (Masuk/Keluar Tulungagung)
  4. Purna/Menjadi TNI/POLRI
  5. Gangguan Jiwa
KLIK DISINI UNTUK LAPORKAN SEKARANG

Komisioner

Mohammad Fatah Masrun, M.Si

Suprihno, M.Pd

Agus Safei, SH

Suyitno Arman, S.Sos, M.Si

Victor Febrihandoko, S.Sos

Arsip Artikel

Pilkada 2013 Theme Song

audio

Artist: KPU Tulungagung
Song: Pilkada 2013 Theme Song
Album: -