GOGOT CAHYO BASKORO: BANGUN RUMAH PINTAR PEMILU SESUAI KULTUR DAERAH

Suasana Rapim KPU Kab/Kota se-Jawa Timur (15/6)

Suasana Rapim KPU Kab/Kota se-Jawa Timur (15/6)

Reporter : Suprihno
Editor : Suyitno Arman

Kota Batu (kpu-tulungagungkab.go.id.) – Secara Nasional Komisi Pemilihan Umum merencanakan pembangunan Rumah Pintar Pemilu (RPP) di seluruh Provinsi dan kab/kota pada tahun 2017. Dan pada tahun ini sudah di bangun sebagai pilot project di kab/kota pada 19 Provinsi, namun tidak satu pun di Jawa Timur. Karena rumah pemilu ini merupakan rencana kebijakan nasional, KPU kab/kota harus mulai merancang RPP yang disesuaikan dengan kultur daerah masing-masing, misalnya banyuwangi RPP Osing, Poronogo RPP Warok dan lain sebagainya. KPU Provinsi Jawa Timur sendiri sedang merancang RPP PUNOKAWAN. Hal ini disampaikan Gogot Cahyo Baskoro Anggota KPU Provinsi Jawa Timur Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Pengembangan Informasi pada Rapim KPU Kab/Kota se-Jawa Timur, Rabu (15/6/2016) di Aula Kantor KPU Kota Batu.

“Tujuan pembangunan RPP ini adalah untuk layanan dan pembelajaran masyarakat agar lebih mudah mengenal, megetahui dan memahami bagaimana proses pemilu dilaksanakan sebagai wujud demokrasi bangsa ini sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu” kata Alumni Universitas Jember tersebut. Dalam paparannya Gogot menguraikan bahwa RPP merupakan bangunan fisik yang disesuaikan dengan kebutuhan paling tidak memiliki 4 (empat) persyaratan:

  • Ruang Audio Visual
    Menayangkan sejarah kepemiluan, pelaksanaan pemilu, sejarah pendirian, komisioner, tata cara pemungutan, tata cara penghitungan, calon-calon pada saat pelaksanaan dan penyelenggaraan, regulasi-regulasi penyelenggaraan.
  • Ruang Pamer/Alat Peraga
    Yaitu yang memuat informasi kepemiluan. Bisa berupa bentuk pamflet, poster, standing banner, buku-buku, display dan sebagainya.
  • Ruang Diskusi
    Keperluan pemerhati demokrasi, stake holder, untuk kepentingan peningkatan partisipasi pemilih. Stake holder bisa dari Pihak ke 3 (tiga) misal kerjasama dengan media masa elektronik dan cetak, instansi pemerintah, ormas, LSM, Partai Politik, Lembaga Pendidikan misal SMP, SMA, Perguruan Tinggi, Pihak swasta (BUMN dan BUMD) yang berkaitan dengan hal sponsorship, misal cerdas cermat, kuis demokrasi, kelas Pemilu, dan sebagainya.
  • Ruang Simulasi
    Bisa dipakai paling tidak bagan dalam bentuk hitung dan petugas-petugasnya. Ada kotak suara, surat suara, formulir-formulir yang digunakan, bilik dan kotak suara dan berbagai peralatan pemungutan dan perhitungan suara.

Acara Rapat Pimpinan KPU Se-Jawa Timur ini di hadiri oleh seluruh ketua dan sekretaris KPU kab/kota di Jawa Timur. Hadir seluruh anggota KPU Provinsi dan Sekretaris. Eko Sasmito Ketua KPU Provinsi Jawa timur dalam pengarahnnya menyampaikan tentang pentingnya peningkatan Kinerja KPU baik komisioner maupun sekretariat. KPU secara Nasional bertekat untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya. Hal ini awali dengan meningkatkan kedisipinan, penyampaian laporan kegiatan secara berkala sesuai tingkatan masing-masing, laporan realisasi anggaran, sehingga kinerja KPU secara nasional dapat di ukur. Pada kesempatan tersebut Eko Sasmito mengingatkan kepada seluruh ketua untuk selalu bekerja sepenuh waktu, dan juga memastikan seluruh anggota KPU kab/kota dapat melaksanakan hal tersebut. “KPU kab/kota dalam mengambil kebijakan harus secara kolektif kolegial, karena itu aturan undang-undang.” Ujar alumnus Universitas Brawijaya Malang itu. (YES/ARM)

PEMILU UNTUK KITA

MARI PRO AKTIF!!

Laporkan diri Anda atau saudara apabila:
  1. Pemilih Baru
  2. Meninggal Dunia
  3. Pindah Domisili (Masuk/Keluar Tulungagung)
  4. Purna/Menjadi TNI/POLRI
  5. Gangguan Jiwa
KLIK DISINI UNTUK LAPORKAN SEKARANG

Komisioner

Mohammad Fatah Masrun, M.Si

Suprihno, M.Pd

Agus Safei, SH

Suyitno Arman, S.Sos, M.Si

Victor Febrihandoko, S.Sos

Arsip Artikel

Pilkada 2013 Theme Song

audio

Artist: KPU Tulungagung
Song: Pilkada 2013 Theme Song
Album: -