RAPAT PLENO KPU TULUNGAGUNG HASILKAN 9 POIN KESEPAKATAN

Reporter : Suyitno Arman
Editor : Suyitno Arman

TULUNGAGUNG (kpu-tulungagungkab.go.id.) _ Senin (20/6/2016) KPU Kabupaten Tulungagung menggelar rapat pleno yang melibatkan komisioner dan unsur sekretariat. Rapat pleno ke-2 kali di bulan Juni itu akhirnya menyepakati sedikitnya 9 poin penting yang musti harus ditindaklanjuti jajaran KPU Tulungagung ke depan.

Menurut Ketua KPU Tulungagung Suprihno, 9 poin itu secara garis besar terbagi dalam 3 bidang, yakni: sumber daya manusia (SDM), keuangan dan anggaran, serta sosialisasi dan teknis pemilu. “Ya sementara ini kita memang fokus pada tiga hal itu. Dan itu merupakan tindak lanjut dari hasil rapat pimpinan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur baru-baru ini di Batu.” Kata Suprihno.

Berikut adalah 9 poin penting hasil kesepakatan rapat pleno tersebut:

  1. Bidang SDM
    1. Dilakukan pemetaan pegawai di lingkup KPU Tulungagung menindaklanjuti Surat Edaran KPU-RI Nomor 5 tahun 2016;
    2. Setiap pegawai diharuskan memiliki rencana kerja (renja) harian yang dilaporkan secara berkala ke sekretaris KPU;
    3. Diadakan rapat pleno seminggu satu kali, yakni pada tiap hari Senin;
    4. Rapat staf diupayakan dilakukan minimal satu kali seminggu;
    5. Sekretaris melakukan pengawasan dengan berkeliling ke setiap ruang kasubbag guna melakukan monitoring dan evaluasi kinerja staf.
  2. Bidang Keuangan dan Anggaran
    1. Laporan Realisasi Anggaran (LRA) dilaporkan setiap bulan maksimal tiap tanggal 10;
    2. Uang kehormatan bulan Juli diupayakan tepat waktu, dan dapat diterimakan setelah SP2D keluar dan anggaran tersedia.
  3. Sosialisasi dan Teknis Pemilu
    1. Pelaksanaan focus group discussion (FGD) dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil terkait pemutakhiran data pemilih berkelanjutan;
    2. Rumah Pintar Pemilu sebagai media edukasi masyarakat akan disirikan secepat mungkin dengan memanfaatkan ruang yang tersedia di kantor KPU Tulungagung.

Sementara itu Sekretaris KPU Tulungagung Lilik Wijayati berjanji secepatnya menindaklanjuti hasil rapat pleno tersebut. “Insyaalloh hasil-hasil yang diputusan pada rapat kali ini sangat positif. Sebagian bahkan bisa langsung kita follow-up.” Papar Lilik. (ARM)

You may also like...

     
+100%-