AWALI DENGAN ATRAKTIF, AKHIRI DENGAN INSPIRATIF!

Catatan dari workshop pengelolaan website KPU Jatim (2)

Edy M. Ya'kub saat Menyampaikan Materi Workshop(28/5)

Edy M. Ya’kub saat Menyampaikan Materi Workshop(28/5)

Rep./Ed.     : Suyitno Arman 

Surabaya, kpu-tulungagungkab.go.id.__Awali dengan Atraktif, Akhiri dengan Inspiratif. Itulah tips sederhana yang diberikan oleh Jurnalis senior LKBN Antara Jatim Edy M. Ya’kub, bagi para penulis yang ingin menghasilkan sebuah artikel bagus dan menarik. Edy M. Ya’kub menyampaikan paparannya saat tampil sebagai nara sumber pada workshop pengelolaan website KPU, Kamis (28/6/2016) di Ruang Aula KPU Povinsi Jawa Timur.

Menurut Edy M. Ya’kub, menulis artikel itu pada dasarnya mudah. Yang dibutuhkan adalah memulai dan membiasakan untuk menulis. Bagi penulis pemula pastilah sulit, tapi bagi penulis yang sudah profesional apapun bisa dijadikan ide untuk menghasilkan sebuah artikel/tulisan yang tidak hanya sekedar menarik, tetapi juga bagus dari segi isinya. “Apa saja bisa dijadikan bahan untuk menulis artikel. Seperti laporan sebelumnya, catatan harian, data riset, ataupun fakta-fakta kebetulan seperti momentum kejadian dan fenomena atau kisah” ujarnya.

Komisioner KPU Kab.Tulungagung bersama Peserta Workshop dari KPU Kab/Kota se-Jatim(28/5)

Komisioner KPU Kab.Tulungagung bersama Peserta Workshop dari KPU Kab/Kota se-Jatim(28/5)

Selain lead atraktif dan ending inspiratif, lebih jauh Edy M. Ya’kub juga memberikan kiat khusus lainnya yang perlu diperhatikan oleh penulis artikel. Yakni kemampuan mengembangkan pro-kontra-solusi, serta kemampuan fokus pada unsur ketertarikan pembaca yang meliputi: seberapa jauh isu itu penting, punya kedekatan dengan khalayak, melibatkan pengaruh atau dampak yang signifikan, ada muatan masalah/problem (seperti konflik, unik, human, psikhologis), atau peristiwa tersebut berkaitan dengan publik figur (seperti ketenaran, ketokohan, keteladanan) dan sebagainya. “Saya merumuskannya sebagai PeProPeProPu. Yakni peristiwa itu Penting, Proximity atau kedekatan, Pengaruh, Problem, dan Publik figur.” papar Edy.

Seperti diberitakan sebelumnya, kegiatan workshop pengelolaan website KPU Jatim tersebut menghadirkan para praktisi jurnalis Jawa Timur sebagai nara sumber. Selain wartawan senior LKBN Antara Edy M. Ya’kub, juga tampil Ainur Rohim penanggung jawab laman online Beritajatim.com. Moderator dipandu oleh Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Pengembangan Informasi KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro.  Sedangkan pesertanya adalah seluruh komisioner KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur yang membidangi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Pengembangan Informasi. (ARM)

PEMILU UNTUK KITA

MARI PRO AKTIF!!

Laporkan diri Anda atau saudara apabila:
  1. Pemilih Baru
  2. Meninggal Dunia
  3. Pindah Domisili (Masuk/Keluar Tulungagung)
  4. Purna/Menjadi TNI/POLRI
  5. Gangguan Jiwa
KLIK DISINI UNTUK LAPORKAN SEKARANG

Komisioner

Mohammad Fatah Masrun, M.Si

Suprihno, M.Pd

Agus Safei, SH

Suyitno Arman, S.Sos, M.Si

Victor Febrihandoko, S.Sos

Arsip Artikel

Pilkada 2013 Theme Song

audio

Artist: KPU Tulungagung
Song: Pilkada 2013 Theme Song
Album: -