SELENGGARAKAN PEMUTAKHIRAN DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN, KPU TULUNGAGUNG LUNCURKAN FITUR LAPORAN MASYARAKAT

Tampilan fitur baru Laporan Masyarakat di www.kpu-tulungagungkab.go.id

Tampilan fitur baru Laporan Masyarakat di www.kpu-tulungagungkab.go.id

Reporter : Bagus Wahyu Permana
Editor : Much. Anam Rifai

Tulungagung (kpu-tulungagungkab.go.id.) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung Kamis (28/07/2016) meluncurkan fitur laporan masyarakat apabila ada masyarakat yang meninggal dunia, mutasi penduduk, purna/menjadi Anggota TNI/Polri, atau usia sudah mencukupi menjadi pemilih. Fitur tersebut diluncurkan untuk mendukung kegiatan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan yang dicanangkan KPU RI sejak April 2016.

Kepala Sub Bagian Program dan Data KPU Kabupaten Tulungagung Much. Anam Rifai menjelaskan, ide pembuatan fasilitas laporan masyarakat secara online tercetus sejak Mei 2016. Namun pihaknya baru bisa merealisasikannya pada Juli ini. ’’Sudah lama kami diskusikan bersama staf yang membidangi IT. Alhamdulillah ide tersebut bisa diwujudkan sekarang,’’ kata Anam.

Dia menjelaskan, pada prinsipnya KPU Kabupaten  Tulungagung ingin mempermudah masyarakat ketika ingin pro aktif membantu KPU dalam memperbaiki daftar pemilih. Saat ini kata Anam, KPU sedang memiliki kegiatan pemutakhiran daftar pemilih berkelajutan. Namun KPU tidak memiliki basis data untuk digunakan kegiatan tersebut.

’’Kami (KPU, red) tidak memiliki data penduduk yang sudah meninggal dunia, pemilih pemula, pindah domisili atau menjadi anggota TNI/Polri atau telah purna TNI/Polri. Dengan fitur ini kami berharap masyarakat dapat membantu kami melalui cara mengisi data diri  mereka apabila ada yang pindah domisili, usia telah mencukupi menjadi pemilih, purna jadi TNI/Polri dan seterusnya,’’ kata alumnus Fakultas Hukum Universitas Brawijaya itu.

Bagus Wahyu Permana, Staf Program dan Data KPU Kabupaten Tulungagung yang membidangi IT menjelaskan, dalam fitur ini masyarakat tinggal mengunjungi website KPU Tulungagung. Selanjutnya menekan link laporan masyarakat pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan. ’’Klik saja, nanti akan disuguhkan formulir yang siap untuk diisi sampai selesai. Setelah itu tinggal klik kirim/submit,’’ terang Bagus.

Anggota KPU Kabupaten Tulungagung yang membidangi divisi Teknis Penyelenggara dan Data Mohammad Fatah Masrun berharap nantinya banyak masyarakat yang menggunakan fasilitas online tersebut. Dia bersama Koordinator Divisi Sosialisasi KPU Kabupaten Tulungagung  Suyitno Arman sedang merumuskan strategi yang tepat untuk menyosialisasikan fitur tersebut ke masyarakat. ’’Ini adalah inovasi kami sebagai ikhtiar untuk meningkatkan kualitas daftar pemilih pada Pemilu/Pilkada berikutnya,’’ terang Fatah.(BAG/NAM)

PEMILU UNTUK KITA

MARI PRO AKTIF!!

Laporkan diri Anda atau saudara apabila:
  1. Pemilih Baru
  2. Meninggal Dunia
  3. Pindah Domisili (Masuk/Keluar Tulungagung)
  4. Purna/Menjadi TNI/POLRI
  5. Gangguan Jiwa
KLIK DISINI UNTUK LAPORKAN SEKARANG

Komisioner

Mohammad Fatah Masrun, M.Si

Suprihno, M.Pd

Agus Safei, SH

Suyitno Arman, S.Sos, M.Si

Victor Febrihandoko, S.Sos

Arsip Artikel

Pilkada 2013 Theme Song

audio

Artist: KPU Tulungagung
Song: Pilkada 2013 Theme Song
Album: -