KERJA KERAS UNTUK KUASAI 6 KELOMPOK GERAKAN SENAM JULA-JULI JAWA TIMUR 2016

Salah satu gerakan senam Jula-Juli

Salah satu gerakan senam Jula-Juli

Reporter : Suyitno Arman
Editor : Suyitno Arman

TULUNGAGUNG (kpu-tulungagungkab.go.id.) – Senam Jula-Juli Jawa Timur 2016 tergolong baru di kalangan pesenam, apalagi bagi orang awam. Karenanya diperlukan kerja keras untuk mampu menghafal sekaligus menghayati gerakan-gerakannya. Itulah yang harus dilakukan Tim Senam KPU Kabupaten Tulungagung dalam rangka menghadapi Lomba Senam Jula-Juli Jawa Timur 2016 Tingkat Kabupaten Tulungagung 4 Oktober 2016 mendatang.

Menurut Anita Chu (29), pelatih khusus yang didatangkan KPU Tulungagung, Senam Jula-Juli Jawa Timur memiliki 6 kelompok gerakan. Masing-masing adalah: Pemanasan, Gerakan IA + IB, Gerakan IIA + IIB, serta Pendinginan.

“Gerakan-gerakan itulah yang harus dikuasai, dihafal, dan dihayati oleh setiap pesenam. Dan itu masih harus dipadukan lagi dengan kekompakan, kekuatan (power), raut mimik (gesture), dan jangan lupa kostum. Jika seluruh paduan itu dapat dikombinasikan dengan baik, barulah kita bisa mulai bicara tentang prestasi”, ujar wanita yang sudah menggeluti dunia senam lebih dari 15 tahun dan tampil sebagai instruktur 9 tahun itu.

Anita Chu menambahkan, Senam Jula-Juli Jawa Timur memang perlu porsi latihan khusus, karena tergolong baru dan sulit. Senam kreasi yang diciptakan oleh Ibu Kusnani dari Perwosi Surabaya ini benar-benar  mencerminkan kekhasan budaya jawa timur.

“Gerakan-gerakannya merupakan perpaduan/gabungan antara gerakan senam dan kumpulan gerak yang lain. Ada pencak silat, tari remo, dan budaya–budaya lain yang ada di Jawa Timur”. Sudah pasti dibutuhkan latihan keras dan intensif kurang lebh 1 bulan untuk betul-betul bisa menghapal gerakanya, kemudian baru disesuaikan dengan variasi gerakan formasi.

Adakah yang mau mencoba? Sekaligus menyelami keragaman budaya bangsa.(ARM)

PEMILU UNTUK KITA

MARI PRO AKTIF!!

Laporkan diri Anda atau saudara apabila:
  1. Pemilih Baru
  2. Meninggal Dunia
  3. Pindah Domisili (Masuk/Keluar Tulungagung)
  4. Purna/Menjadi TNI/POLRI
  5. Gangguan Jiwa
KLIK DISINI UNTUK LAPORKAN SEKARANG

Komisioner

Mohammad Fatah Masrun, M.Si

Suprihno, M.Pd

Agus Safei, SH

Suyitno Arman, S.Sos, M.Si

Victor Febrihandoko, S.Sos

Arsip Artikel

Pilkada 2013 Theme Song

audio

Artist: KPU Tulungagung
Song: Pilkada 2013 Theme Song
Album: -