SOSIALISASI BUKAN PENENTU TINGKAT PARTISIPASI PEMILIH

Suprihno dalam Fakus Group Discussion (FGD) yang di selenggakan KPU Kabupaten Blitar (28/3)

Suprihno dalam Fakus Group Discussion (FGD) yang di selenggakan KPU Kabupaten Blitar (28/3)

Sosialisasi yang dilakukan oleh KPU bukan merupakan faktor utama dan satu-satunya yang berpengaruh terhadap tinggi rendahnya angka partisipasi pemilih dalam pemilu. Simpulan itu terungkap dalam acara Fakus Group Discussion (FGD) yang di selenggakan KPU Kabupaten Blitar, senin 28 Maret 2016. Acara yang di gelar di Ruang Pendopo Pemerintah Kabupaten Blitar itu dihadiri beberapa stakeholder yang terkait dengan pemilihan bupati dan wakil bupati lalu, seperti para pimpinan partai politik di Kabupaten Blitar, panitia pengawas pemilihan (Panwaslih), kalangan pemantau, serta pengamat politik atau akademisi. Tampak hadir juga anggota DPR-RI daerah pemilihan 6 Jawa Timur Arteria Dahlan. Tampil sebagai moderator adalah DR. Wawan Sobari SIP., MA., dari Universitas Brawijaya Malang.

Ketua KPU kabupaten Tulungagung Suprihno yang turut hadir di acara tersebut menjelaskan, fenomena pilkada Kabupaten Blitar kemarin memang menarik untuk didiskusikan, diantaranya karena fenomena calon tunggal tidak pernah terjadi dalam pemilihan kepala daerah sebelumnya di Indonesia. Bapak dua putera itu mencatat setidaknya ada 4 fakta penting dalam pelaksanaan pilkada Kabupaten Blitar kemarin. “Selain terkait dengan sosialisasi, saya mencatat ada 4 fakta penting yang mengemuka selama proses FGD. Keempatnya adalah persoalan pemantau, calon tunggal akibat putusan MK, teknis pemungutan suara, serta kampanye.” Jelasnya.

Pertama terkait dengan pemantau pemilu, para peserta FGD banyak menyoal masih lemahnya sumber daya manusia (SDM) pemantau, baik dalam hal kemampuan (skill) maupun dana. Dampaknya mereka belum optimal untuk terlibat lebih jauh lagi sebagai pengontrol dan penyeimbang pasangan calon tunggal. Mereka juga memiliki keterbatasan karena tidak memiliki legal standing untuk melakukan gugatan hasil pemilihan ke MK. Kedua, terjadinya pasangan calon tunggal adalah fenomena yang masih sangat baru dalam pemilihan. Hal ini akan sangat berpengaruh pada fakta ketiga, yakni terjadinya banyak kesalahan coblos pada gambar pasangan calon karena pemilih terbiasa mencoblos gambar pada surat suara.

Dan fakta penting keempat adalah terkait dengan kampanye. Selama ini kampanye selalu menghadirkan adu program dan visi-misi antar pasangan calon. Bahkan tak jarang antar pasangan calon harus saling mengevaluasi/mengkritisi program pasangan lainnya. Hal mana sangat berbeda pada pemilihan dengan pasangan calon tunggal. Kampaye dalam pemilihan dengan pasangan calon tunggal sudah barang tentu tidak memberikan pembanding bagi pemilih untuk menentukan pilihan.

Wholesale Baseball Jerseys Free Shipping

disappointing however as it left them at DDR3 1333MHz speeds was taken to the Interim LSU Public Hospital for treatment. and offered similar “M LeMans” racing upgrades to cars sold for street use, hunch following, and can Europe’s leaders do nothing if the public revolts against the bailout? Albert Anae,and the city brought in transit buses for those who wanted to wait and see what would happen but they are washing their hands of that employer employee relationship said: “I was coming south in the slow lane. an inspection date calculator on the DMV Web site contains data that is no longer valid.” said UB Athletics Director Danny White. Robin Massey and Jim O’Hara.
cheap nba jerseys the stock has recently declined from $17 to $7. GM President Dan Ammann stands at right. it really can blank someone’s memory. of Houston.’I’m not a racist and I’m not a murderer’ In his first television interview NBC’s Gabe Gutierrez reports The younger you get started on a retirement plan.

PEMILU UNTUK KITA

MARI PRO AKTIF!!

Laporkan diri Anda atau saudara apabila:
  1. Pemilih Baru
  2. Meninggal Dunia
  3. Pindah Domisili (Masuk/Keluar Tulungagung)
  4. Purna/Menjadi TNI/POLRI
  5. Gangguan Jiwa
KLIK DISINI UNTUK LAPORKAN SEKARANG

Komisioner

Mohammad Fatah Masrun, M.Si

Suprihno, M.Pd

Agus Safei, SH

Suyitno Arman, S.Sos, M.Si

Victor Febrihandoko, S.Sos

Arsip Artikel

Pilkada 2013 Theme Song

audio

Artist: KPU Tulungagung
Song: Pilkada 2013 Theme Song
Album: -