SOSIALISASI PEMUTAHIRAN DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN DI SMA NEGERI 1 KEDUNGWARU

Vctor saat menyampaikan paparannya pada acara KPU goes to school(18/10)

Vctor saat menyampaikan paparannya pada acara KPU goes to school(18/10)

Reporter : Victor Febrihandoko
Editor : Suyitno Arman

Tulungagung (kpu-tulungagungkab.go.id.) – “Sembilan limaaa…?” Sebagian besar siswa-siswi SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung (Smariduta) spontan meneriakkan kata “dua ribuu…”. Itu adalah jawaban mereka ketika ditanya Victor Febrihandoko perihal tahun kelahiran. “Berarti adik-adik semua sudah punya hak pilih pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018 nanti”, lanjut Victor.

Demikian sekilas suasana dalam ruang Laboratorium Seni Budaya Smariduta, Selasa (18/10/2016). Di dalam ruangan sejuk yang lebih mirip dengan gedung theater itu memang tengah dilaksanakan kegiatan sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dan Pemilih Pemula oleh tim dari KPU Kabupaten Tulungagung. Sebagai pemateri adalah Komisioner  Divisi Keuangan dan Logistik Victor Febrihandoko, serta Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Suyitno Arman. Sasarannya adalah pemilih pemula yang dipilih dari sebagian siswa siswi kelas XII.

Para siswa mengikuti dengan antusias dan terlihat tertarik dengan paparan narasumber. Apalagi ketika diajak demo pengisian Formulir Tanggapan Pemutakhiran Daftar Pemilih yang ada di website kputulungagungkab.go.id hampir semua siswa mengeluarkan smartphonenya.

Victor meyakini para siswa setingkat SMA adalah calon pemilih potensial, yang partisipasinya sangat diharapkan dalam proses pemilu atau pilkada. “Pemilih pemula adalah pemilih baru, yang rata-rata memiliki idealisme tinggi. Mereka itu adalah pemilih dengan semangat dan rasionalisme tinggi. Tentu ini merupakan nilai plus dalam mengangkat partisipasi politik dalam pemilihan”.

Sementara itu Ketua KPU Tulungagung Suprihno menjelaskan, sosialisasi ini merupakan kegiatan KPU Tulungagung untuk mengajak semua warga yang mempunyai hak pilih agar lebih concern terhadap partisipasi politik. “Tujuan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan ini adalah tercapainya data pemilih yang akurat, sehingga kedepan DPT utuk Pemilihan Bupati maupun Gubernur menjadi lebih rapi dan memudahkan KPU dalam pemutakhirannya” terang Ketua KPU Tulungagung Suprihno disela-sela kegiatan. (VIC/ARM)

You may also like...

     
+100%-