CATATAN STUDY PEMBELAJARAN BAKESBANGPOL DAN KPU TULUNGAGUNG KE KABUPATEN TAPANULI TENGAH (1)

Rudi Kristanto menyerahkan cinderamata kepada Sekda Tapanuli Tengah

Rudi Kristanto menyerahkan cinderamata kepada Sekda Tapanuli Tengah

Reporter : Suprihno
Editor : Suyitno Arman

TAPANULI TENGAH (kpu-tulungagungkab.go.id.) – Dalam rangka persiapan pilkada Tulungagung 2018, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pemerintah Kabupaten Tulungaung melakukan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Provinsi Sumatra Utara, Selasa – Kamis, 25 – 27 Oktober 2016. Dalam kunjungan yang dimaksudkan untuk study pembelajaran tersebut, Bakesbangpol mengajak beberapa stakeholder diantaranya KPU Kabupaten Tulungagung, DPPKAD, Bappeda, dan Staf Ahli Bupati Bidang Politik dan Hukum.

Rudi Kristianto Kepala Bakesbangpol Kabupaten Tulungagung menyampaikan, Kabupaten Tapteng dipilih sebagai tujuan studi pembelajaran karena memiliki karakteristik geografis dan administratif yang hampir sama dengan Kabupaten Tulungagung. Seperti daerahnya berbasis pertanian dan kelauatan, kemudian secara geografis banyak pegunungan. Kabupaten Tapteng terdiri dari 20 Kecamatan, 159 Desa, dan 56 kelurahan. “Namun meski memiliki jumlah kecamatan yang hampir setara dengan Tulungagung, jumlah penduduk Kabupaten Tulungagung jauh lebih besar dua kali lipat dibanding Tapsel”, jelas Rudi Kristanto.

Sementara itu Suprihno, Ketua KPU Tulungagung menyampaikan bahwa KPU butuh belajar banyak dari daerah-daerah yang telah atau tengah menyelenggarakan Pilkada serentak 2017, karena memang aturan dan undang-undang sebagai dasar hukum pelaksanaan pilkada berbeda dari sebelumnya. “Perbedaan dasar hukum itu penting kita pelajari, terutama dalam pelaksanaannya di lapangan, sehingga kita tahu poblem apa yang di hadapi dan bagaimana penyelesainnya. Salah satu yang paling krusial misalnya terkait dengan ketentuan penyusunan anggaran pemilihan”, kata Suprihno.

Rombongan studi pembelajaran tiba di Tapteng tanggal 25 Oktober 2016. Setelah melakuan audiensi dengan Sekda bersama Desk Pilkada Tapteng,  keesokan harinya tanggal 26 Oktober 2016 rombongan berkunjung  ke Kantor KPU Kabupaten Tapanuli Tengah dan sempat berdialog dengan seluruh Komisioner, Sekretaris, dan pegawai sekretariat KPU Tapteng. (YES/ARM)

PEMILU UNTUK KITA

MARI PRO AKTIF!!

Laporkan diri Anda atau saudara apabila:
  1. Pemilih Baru
  2. Meninggal Dunia
  3. Pindah Domisili (Masuk/Keluar Tulungagung)
  4. Purna/Menjadi TNI/POLRI
  5. Gangguan Jiwa
KLIK DISINI UNTUK LAPORKAN SEKARANG

Komisioner

Mohammad Fatah Masrun, M.Si

Suprihno, M.Pd

Agus Safei, SH

Suyitno Arman, S.Sos, M.Si

Victor Febrihandoko, S.Sos

Arsip Artikel

Pilkada 2013 Theme Song

audio

Artist: KPU Tulungagung
Song: Pilkada 2013 Theme Song
Album: -