KOMISONER DAN SEKRETARIAT KPU TULUNGAGUNG MERIAHKAN KIRAB BERSIH NAGARI HARI JADI TULUNGAGUNG KE-811

Komisioner & Sekretariat KPU Tulungagung bersiap untuk mengikuti prosesi kirab(18/11)

Komisioner & Sekretariat KPU Tulungagung bersiap untuk mengikuti prosesi kirab(18/11)

Reporter : Nanang EP, David Hartanto, Lilik Wijayati
Editor : Suyitno Arman

TULUNGAGUNG (kpu-tulungagungkab.go.id.) – Kabupaten Tulungagung genap berusia 811 tahun pada 18 November 2016 ini. Seperti biasanya, rangkaian upacara hari jadi ini diperingati dengan ritual adat Kirab Tumpeng Bersih Nagari, yang dilaksanakan tepat setiap tanggal 18 November. Sebagai bagian dari warga Tulungagung, komisioner dan sekretariat KPU Tulungagung pun terlibat langsung pada kegiatan ini dengan berpakaian adat jawa khas Tulungagung.

Kasubbag Umum Sekretariat KPU Tulungagung Nanang Eko Prasetyo menjelaskan, rangakaian upacara hari jadi Tulungagung ke 811 kali ini dilaksanakan bersamaan dengan peringatan HUT PGRI ke 71, Hari Guru Nasional 2016, Hari Kesehatan Nasional ke 52, dan Hari KORPRI ke 45. Setelah itu dilanjutkan dengan kirab bersih nagari ke Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso yang terletak di Jalan RA. Kartini.

Seluruh peserta yang terdiri dari Forum Pimpinan Daerah, Legislatif, maupun SKPD di lingkup Pemkab Tulungagung tampil dengan mengenakan pakaian adat budaya jawa khas Tulungagung. Juga akan diarak 2 tumpeng raksasa yaitu Tumpeng Lanang yang terbuat dari nasi kuning lengkap dengan lauk-pauknya serta Tumpeng Wadon yang terbuat dari aneka buah-buahan. Sementara di luar pendopo, Ribuan warga Tulungagung yang sudah menunggu untuk saling berebut tumpeng. Ritual ini sebagai wujud rasa syukur.

Tumpeng Lanang dan Tumpeng Wadon dalam prosesi kirab Bersih Nagari(18/11)

Tumpeng Lanang dan Tumpeng Wadon dalam prosesi kirab Bersih Nagari(18/11)

Menurut Sekretaris KPU Tulungagung Lilik Wijayati, dalam sambutannya Bupati Tulungagung Syahri Mulyo berharap peringatan Hari Jadi ke 811 Kabupaten Tulungagung dijadikan momentum meningkatkan kerja nyata untuk menuju kemandirian daerah. “Intinya bahwa kita harus meningkatkan kerja nyata untuk menuju kemandirian daerah dalam menghadapi era persaingan global”, kata Lilik mengutip sebagian materi pidato Bupati Tulungagung.

Dirgahayu Kabupaten Tulungagung ke-811. Semoga makin menumbuhkan kesejahteraan bagi seluruh warga kota marmer, yang pada Tahun 2018 nanti juga akan melaksanakan Pilkada serentak. (NEP/VID/LIK/ARM)

PEMILU UNTUK KITA

MARI PRO AKTIF!!

Laporkan diri Anda atau saudara apabila:
  1. Pemilih Baru
  2. Meninggal Dunia
  3. Pindah Domisili (Masuk/Keluar Tulungagung)
  4. Purna/Menjadi TNI/POLRI
  5. Gangguan Jiwa
KLIK DISINI UNTUK LAPORKAN SEKARANG

Komisioner

Mohammad Fatah Masrun, M.Si

Suprihno, M.Pd

Agus Safei, SH

Suyitno Arman, S.Sos, M.Si

Victor Febrihandoko, S.Sos

Arsip Artikel

Pilkada 2013 Theme Song

audio

Artist: KPU Tulungagung
Song: Pilkada 2013 Theme Song
Album: -