KPU VERIFIKASI PARTAI GARUDA DAN PARTAI BERKARYA

Partai Garuda saat mengambil sampling berkas yang akan diverifikasi di Hall Liur FM pada Selasa (2/1)

Partai Garuda saat mengambil sampling berkas yang akan diverifikasi di Hall Liur FM pada Selasa (2/1)

Partai Berkarya saat mengambil sampling berkas yang akan diverifikasi di Hall Liur FM pada Selasa (2/1)

Partai Berkarya saat mengambil sampling berkas yang akan diverifikasi di Hall Liur FM pada Selasa (2/1)

TULUNGAGUNG (kpu-tulungagungkab.go.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU)  segera melakukan verifikasi faktual (verfak) terhadap dua partai baru. Kedua parpol tersebut  Garuda dan Berkarya. Hal tersebut dipastikan setelah kedua partai  mengambil sampling berkas yang akan diverifikasi di Hall Liur FM pada Selasa (2/1/2018) sekitar pukul 11.00 WIB.
Selain disaksikan seluruh komisioner KPU, pengambilan sampling tersebut juga disaksikan oleh anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), ketua parpol terkait beserta sekretaris.

Dalam Verfak  nantinya. KPU akan mengecek terkait kepengurusan parpol, prosentase jumlah pengurus perempuan  30 persen, domisili, dan keanggotaan.
“Partai Berkarya mendapatkan nomor 8, sedangkan partai Garuda mendapat nomor 5,” kata salah satu anggota KPU yang juga sebagai Divisi Hukum Agus Safei, SH.
Agus Safei, SH., mengatakan, sebagai partai baru, kedua partai diharuskan untuk mengikuti verfak. Hal ini untuk mengetahui apakah partai baru tersebut benar-benar sudah terbentuk kepengurusan, keanggotaan, keterwakilan perempuan minimal 30 persen, dan domisili.
“Beberapa hari yang lalu partai Perindo dan partai PSI sudah diverifikaasi,” katanya.
Agus Safei, SH., melanjutkan, untuk verfak nantinya akan dilakukan oleh anggota KPU. Rencana, verfak akan dimulai pada pekan  ini.
“Kalau sesuai tahapan  verfak dilaksanakan pada Sabtu (30/13/2017) hingga Jumat (12/1/2018). Ya nanti harus selesai sebelum deadline,” jelasnya.
Masih menurut Agus Safei, SH., untuk pengecekan nantinya akan disesuaikan dengan hasil pengundian. Dirinya mencontohkan, partai Berkarya mendapat urutan nomor 8, berarti nanti yang akan dicek nomor 8, 18, 28, 38 dan seterusnya.
“Hal tersebut juga akan dilakukan pada partai Garuda yang mendapat nomor 5,” imbuhnya.
Agus Safei, SH., menambahkan masing-masing ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Garuda Gatra Arvian Rizal, dan ketua DPD Partai Berkarya Prio Winoto mengaku siap untuk mengikuti verfak.

You may also like...

     
+100%-