813 Anggota PPS Pemilukada Tulungagung 2013 Dilantik

Suyitno Arman saat melantik anggota PPS Pemilukada Tulungagung 2013

Tulungagung, KPU Tulungagung, Ketua KPU Tulungagung, Suyitno Arman SSos MSi, Kamis (2/8) sore melantik 813 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilukada Tulungagung 2013. Para petugas pemilu di tingkat desa dan kelurahan ini dilantik di Gedung Barata Kota Tulungagung.

Hadir dalam acara pelantikan yang berlangsung menjelang buka puasa ini para Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Mereka berasal dari 19 kecamatan di Kabupaten Tulungagung.

Saat menyampaikan sambutan, Suyitno Arman berharap para anggota PPS segera melakukan tugasnya dengan baik dan selalu berkoordinasi dengan PPK. Pasalnya, mereka akan dihadapkan pada tugas relatif berat dalam Pemilukada Tulungagung 2013.

“Ada tiga tugas yang dalam pemilu-pemilu sebelumnya di Tulungagung tidak dilakukan. Tetapi dalam Pemilukada 2013 kali ini harus dilakukan, yakni verifikasi calon perseorangan, rekapitulasi suara di tingkat PPS dan perbedaan prinsip UU No.22/2007 dengan UU 15/2011 soal sanksi bagi penyelenggara pemilu jika melakukan pelanggaran,” paparnya.

Suyitno Arman menyebut paparan dia soal tiga tugas berat itu bukanlah untuk mengecilkan hati anggota PPS. Namun untuk lebih meneguhkan niat menjalankan tugas mulia pengabdian. “Kalau mencari materi di PPS saya yakin tidak ada apa-apanya. Dengan kerja tulus penuh pengabdian dan niatkan ibadah tentu ada balasan dari Allah SWT,” tandasnya.

Sebelumnya, bapak tiga putra ini sempat melontarkan kata-kata parikan yang membuat para anggota PPS tersenyum. Dia mengatakan, “Manuk glatik sego trasi, mari dilantik segera koordinasi, jangan manuk glatik sego tahu, mari dilantik malah turu”.

Sementara itu Ketua Pokja Pembentukan PPK dan PPS KPU Tulungagung, Fatah Masrun MSi mengungkapkan pembentukan anggota PPS membutuhkan waktu sekitar 16 hari. Yakni mulai tanggal 16 Juli 2012 sampai 31 Juli 2012.

“Dalam waktu 16 hari itu telah dilakukan proses rekrutmen, di antaranya tes tulis dan wawancara. Hasilnya untuk petugas penyelenggara pemilu di tingkat desa dan kelurahan kini sudah terbentuk dan dilantik sore ini. Jumlah semua petugas PPS sebanyak 813 orang,” katanya.

You may also like...

     
+100%-