KPU Bagikan Soft Copy DPS Pada Pasangan Calon

[responsivevoice_button voice="Indonesian Female" buttontext="Dengarkan"]

Tatang Suhartono sesuai urutan saat pendaftaran menerima soft copy DPS yang pertama dari Suprihno saat pembagian soft copy DPS pada pasangan calon, Rabu (7/11).

Tulungagung, KPU Tulungagung
KPU Tulungagung, Rabu (7/11), membagikan soft copy Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada pasangan calon yang sampai saat ini masih terus mengikuti tahapan Pemilukada Tulungagung 2013. Pemberian soft copy DPS ini berlangsung di ruang Media Center Kantor KPU Tulungagung.

Dua bakal calon wakil bupati dari dua pasangan calon hadir dalam acara pembagian soft copy DPS itu. Sementara dua pasangan calon lainnya tidak hadir langsung dan hanya diwakilkan pada tim suksesnya masing-masing.

Dua bakal calon wakil bupati yang hadir dan menerima langsung soft copy DPS itu adalah Ir Tatang Suhartono MSi dan Drs Budi Setijahadi. Seperti diketahui Tatang Suhartono untuk running di Pemilukada Tulungagung 2013 berpasangan dengan Drs Isman. Sedang Budi Setijhadi berpasangan dengan Moh Athiyah SH.

Sementara itu, untuk pasangan calon Ir Bambang Adyaksa-Anna Lutfi, soft copy DPS diterimakan oleh tim suksesnya yang bernama Dadang. Dan untuk pasangan Syahri Mulyo SE-Drs Maryoto Birowo MM diterimakan oleh Heri Widodo yang tercatat sebagai tim sukses pasangan tersebut.

Pemberian soft copy DPS Pemilukada Tulungagung 2013 juga diberikan KPU Tulungagung pada beberapa instansi terkait. Seperti Panwaslu Tulungagung, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pemkab Tulungagung dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pemkab Tulungagung.

Ketua KPU Tulungagung, Suyitno Arman SSos MSi menyatakan pemberian soft copy DPS sebagai bentuk dan upaya KPU Tulungagung dalam menerapkan akuntabilitas dan taransparansi. “Sebenarnya tidak ada kewajiban untuk memberi soft copy DPS dan tidak ada larangan pula untuk memberi soft copy DPS,” ujarnya.

Menurut alumni Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ini, KPU Tulungagung sudah berusaha semaksimal mungkin dalam mengumumkan DPS Pemilukada Tulungagung 2013. Termasuk dengan mempermudah akses dengan menggunakan teknologi internet dan telepon seluler. “KPU Tulungagung sudah berupaya. Terobosan-terobosan kami dalam mengumumkan DPS ini diharapkan paling mendekati baik,” paparnya.

Ketua Pokja Pemutakhiran Data Pemilih, Suprihno MSi, menjelaskan pengumuman DPS, selain bisa diakses di papan pengumuman setiap kantor kelurahan dan kantor/balai desa juga bisa diakses di DPT online (situs internet KPU Tulungagung) dan mobile online (SMS). “Kalau mengakses di SMS cukup dengan mengirim format DPT (spasi) NIK (nomer induk kependudukan/nomer KTP) ke nomer 089630077300. Nanti akan ketahuan apa sudah terdaftar atau belum dalam DPS. Kalau belum segera lapor pada PPS atau RT atau RW,” terangnya.

Lebihlanjut, alumni Universitas Jember (Unej) ini, mengungkapkan KPU Tulungagung juga menyediakan SMS pengaduan. Nomernya di 089679217999. Warga yang mengakses SMS pengaduan diharapkan menyebut identitas sebenarnya karena akan lebih cepat ditanggapi.

Sedang berapa jumlah warga Tulungagung yang sudah masuk dalam DPS, Suprihno mengatakan jumlahnya sebanyak 840.468 orang/jiwa. Terdiri dari 417.193 orang berjenis kelamin laki-laki dan 423.275 orang berjenis kelamin perempuan. “Jumlah TPS (tempat pemungutan suara)-nya sudah ditetapkan 1.921 TPS,” pungkasnya.

You may also like...

     
+100%-