Rakor Penyusunan DPT Bersama PPK

Suprihno memberi penjelasan tentang penyusunan DPT pada PPK di dampingi Ketua KPU Tulungagung, Suyitno Arman.

Tulungagung, KPU Tulungagung
KPU Tulungagung, Sabtu (24/11), melakukan rapat koordinasi (rakor) penyusunan DPT (Daftar Pemilih Tetap) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung 2013 bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Tulungagung di ruang Media Center Kantor KPU setempat.

Hadir dalam acara ini Ketua KPU Tulungagung, Suyitno Arman SSos MSi dan Ketua Pokja Pemutakhiran Data Pemilih KPU Tulungagung, Suprihno MPd. Selain juga para Ketua PPK dan anggota PPK Divisi Pemutakhiran Data Pemilih.

Seusai rakor Suprihno mengungkapkan rakor diadakan untuk memastikan kesiapan pengumuman daftar pemilih tambahan (DPTb) yang rencananya akan dilakukan pada tanggal 27-29 November 2012. “Saat ini mulai tanggal 24 November 2012 kami sedang melakukan penyusunan daftar pemilih tambahan yang dijadwalkan sampai berakhir pada tanggal 26 November 2012,” ujarnya.

Ketika DPTb diumumkan, menurut Suprihno, warga masih bisa melakukan komplain jika menemukan kekeliruan nama, gelar atau kekeliruan terkait nama lainnya. “Namun saat penyusunan DPT pada tanggal 30 November 2012 sampai tanggal 6 Desember 2012 kami tidak menerima kompalin,” katanya.

Suprihno memaparkan warga kembali bisa melakukan komplain terkait daftar permilih saat DPT diumumkan oleh PPS (Panitia Pemungutan Suara) antara tanggal 7-9 Desember 2012. Setelah tanggal 9 Desember 2012 tidak ada lagi masa perbaikan. “Karena itu kami ingatkan dan harus dipahami oleh seluruh warga Tulungagung bahwa setelah tanggal 9 Desember 2012 tidak ada lagi komplain atau perbaikan daftar pemilih. Kalau masih mau kompalin waktunya saat pengumuman DPT antara tanggal 7-9 Desember 2012,” jelasnya.

Dibeberkan Suprihno dari laporan yang diterimanya, jumlah pemilih yang tercantum di DPS dipastikan bakal bertambah. Tambahan tersebut terjadi saat masa perbaikan DPS dan akan diumumkan dalam DPTb. “Sedang untuk penyusunan DPT datanya akan diambil dari DPS dan DPTb yang telah diumumkan,” terangnya.

You may also like...

     
+100%-