Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilukada Tulungagung 2013

[responsivevoice_button voice="Indonesian Female" buttontext="Dengarkan"]

Penyortir dan pelipat surat suara tampak cekatan saat melipat surat suara Pemilukada Tulungagung 2013 di SMPN 2 Kauman, Sabtu (12/1).

Tulungagung, KPU Tulungagung
Mulai Sabtu (12/1) siang, KPU Tulungagung melakukan sortir dan pelipatan surat suara Pemilukada Tulungagung 2013. Penyortiran dan pelipatan surat suara dilakukan di SMPN 2 Kauman Kecamatan Kauman.

Ketua Pokja Anggaran dan Logistik KPU Tulungagung, Drs Maksun Thohir, Sabtu (12/1), mengungkapkan dalam penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilukada Tulungagung 2013 KPU Tulungagung mengerahkan tenaga dari Perguruan Silat Setia Hati (SH) Teratai. “Jumlah tenaga penyortir dan pelipat semuanya sebanyak 290 orang. Sesuai rencana semua surat suara sudah tersortir dan terlipat pada Minggu (13/1),” katanya.

Maksun Thohir menyebut surat suara Pemilukada Tulungagung 2013 yang dilipat sebanyak jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) ditambah 2,5%-nya. Jumlah DPT sebanyak 842.383 kalau ditambah 2,5% jadi 863.443,” paparnya.

Penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilukada Tulungagung 2013 yang bertempat di SMPN 2 Kauman, menurut dia, cukup representatif. Pasalnya, para penyortir dan pelipat dapat menggunakan fasilitas bangku dan meja yang ada di sekolah tersebut. “Kami menggunakan 20 kelas di SMPN 2 Kauman. Satu kelas untuk menyortir dan melipat surat suara untuk satu kecamatan. Sedang satu kelas lagi untuk sekretariat. Jadi jumlah seluruhya 20 kelas,” tuturnya.

Untuk menjaga keamanan saat pelaksanaan penyortiran dan pelipatan surat suara, Maksun Thohir mengatakan sudah dibantu oleh aparat Kepolisian setempat. “Penjagaan tidak hanya disekeliling tempat penyortiran dan pelipatan, tetapi juga saat menyortir dan melipat para penyortir dan pelipat dijaga. Mereka tidak boleh membawa pulang surat suara, karena itu saat selesai bekerja satu per satu mereka akan diperiksa untuk memastikan tidak ada surat suara yang diambil untuk dibawa pulang,” jelasnya.

Sejumlah pihak juga ikut memantau pelaksanaan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilukada Tulungagung 2013. Selain dari intern KPU Tulungagung dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kauman juga dipantau di antaranya oleh Panwaslu Kabupaten Tulungagung.

You may also like...

     
+100%-