Ayo, Hari Ini Datang ke TPS Pilih Bupati !!!

Suyitno Arman saat memberikan paparan tentang kesiapan KPU Tulungagung dalam pelaksanaan pemungutan suara pada hari ini, Kamis (31/1), di hadapan Sekdaprov Jatim, Dr Rasiyo dan Bupati Tulungagung, Ir Heru Tjahjono MM di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Tulungagung kemarin.

Tulungagung, KPU Tulungagung
Hari ini, Kamis (31/1), warga Tulungagung yang berhak memilih diharapkan semuanya menyalurkan hak pilihnya memilih Bupati dan Wakil Bupati periode 2013-2018. Mereka dapat memilih pasangan calon pilihannya dari empat pasangan calon yang sudah terpampang di surat suara. Keemat pasang calon bupati dan wakil bupati itu adalah (sesuai nomer urut) Pasangan Syahri Mulyo-Maryoto Birowo (Sahto), Pasangan M Athiyah-Budi Setijahadi (Abdi), Pasangan Isman-Tatang Suhartono (Matang) dan Pasangan Bambang Adyaksa-Anna Luthfie (Bangsa).

KPU Tulungagung, Panwaslu Tulungagung, Pemkab Tulungagung serta aparat keamanan menyatakan kesiapannya dalam pelaksanaan hari H pencoblosan yang jatuh pada hari ini. Kesiapan sudah pula dipaparkan dihadapan Sekdaprov Jatim, Dr Rasiyo, di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Rabu (30/1).

Rasiyo datang ke Tulungagung mewakili Gubernur Jatim, Dr Soekarwo (Pakde Karwo), untuk melihat kesiapan pelaksanaan hari H Pemilukada Tulungagung. Termasuk melihat secara langsung kesiapan tempat pemungutan suara (TPS) di beberapa kecamatan di Tulungagung kemarin.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Jatim ini optimis pelaksanaan Pemilukada Tulungagung 2013 dapat berjalan lancar dan aman. “Sinyalnya tenang-tenang saja. Dingin tenang. Ini karena peran Pak Heru (Bupati Tulungagung),” ujarnya.

Sebelumnya, Rasiyo menyebut sesuai pesan Pakde Karwo kunci dari keberhasilan atau kesuksesan pemilukada di antaranya yang utama adalah masalah keamanan. Selain juga pelaksanaan di TPS. “Itu kunci kesuksesan pelaksanaan pemilukada. Pelaksanaan aman dan perhitungan di TPS benar dan lancar merupakan kriteria sukses pemilukada,” tandasnya.

Rasiyo sempat terkesan dengan pemaparan keamanan yang disampaikan oleh Kapolres Tulungagung, AKBP Whisnu Hermawan Februanto SIK MH yang menggunakan IT (informasi teknologi) dalam menghadapai Pemilukada Tulungagung 2013. Perwira dengan tanda pangkat dua melati di pundaknya itu mengungkapkan telah menyiapkan aparat kepolisian yang jumlahnya mencapai 1.571 personel. Itu belum ditambah personel dari TNI yang berkekuatan 459 termasuk pasukan tempur.

Yang membanggakan Kapolres Whisnu telah memetakan nama-nama personel Polri yang bertugas di setiap desa maupun TPS. Nama-nama itu bisa dihubungi karena data nomer teleponnya sudah terpampang di website milik Polres Tulungagung yang khusus disiapkan untuk kesuksesan Pemilukada Tulungagung 2013. Semua yang berkepentingan bisa mengakses mereka.

Sementara itu, Ketua KPU Tulungagung, Suyitno Arman SSos MSi mengatakan pelaksanaan Pemilukada Tulungagung 2013 melibatkan tidak kurang dari 16.660 penyelenggara. Mereka semua sudah siap pula dalam menyelenggarakan pemungutan suara pada hari ini.

Semua logistik Pemilukada Tulungagung 2013 menurutnya sudah didistribusikan ke tingkat desa/kelurahan. Dan pagi hari ini sudah berada di 1.921 TPS yang berada di seluruh wilayah Kabupaten Tulungagung.

Sedang untuk jumlah pemilih sesuai dengan DPT H-3 jumlahnya mencapai 843.111 pemilih. Suyitno Arman berharap para pemilih tersebut dapat menggunakan hak pilihnya dengan mendatangi TPS masing-masing. “Partisipasi pemilih yang tinggi sangat kami harapkan. Apalagi ada dukungan dari Pemkab Tulungagung untuk meningkatkan partisipasi pemilih mendatangi TPS dengan stimulan. Stimulan itu beruapa hadiah bagi TPS yang dapat menghadirkan pemilih terbanyak. Hadiahnya ada sapi, kambing dan ayam,” paparnya.

You may also like...

     
+100%-