Delapan Parpol Daftar Bakal Caleg di Hari Terakhir

Petugas Sekretariat KPU Tulungagung bekerja ekstra keras karena sebagian besar parpol menyerahkan berkas DCS bakal caleg hampir secara bersamaan di hari terakhir pendaftaran, Senin (22/4).

Tulungagung, KPU Tulungagung

Hari terakhir pendaftaran bakal calon legislatif, Senin (22/4), KPU Tulungagung menerima pengajuan berkas DCS (daftar calon sementara) dari delapan partai politik. Delapan partai politik itu secara berurutan adalah Partai Nasdem, PDIP, PPP, PBB, PKPI, Partai Demokrat, PKB dan PAN.

Sebelumnya, partai politik peserta Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 yang telah menyerahkan DCS para bakal caleg-nya masing-masing adalah Partai Golkar yang menyerahkan pada Jumat (19/4). Kemudian disusul PKS pada Hari Sabtu (20/4) dan Partai Gerindra serta Partai Hanura pada Hari Minggu (21/4).

Anggota KPU Tulungagung, M Fatah Masrun MSi, Senin (22/4) sore, mengungkapkan sampai pukul 16.00 WIB dari 12 partai politik yang tercatat sebagai peserta Pemilu DPR, DPD dan DPRD Tahun 2014 di Tulungagung semua sudah mendaftarkan bakal caleg-nya untuk DPRD setempat ke KPU Tulungagung. “Dari 12 partai politik peserta Pileg 2014 semuanya telah mendaftarkan bakal caleg DPRD Tulungagung ke KPU Tulungagung,” katanya.

Sesuai data yang telah masuk ke KPU Tulungagung, menurut Fatah Masrun, Partai Golkar menyerahkan 50 nama bakal caleg. Sedang PKS, Partai Gerindra dan Partai Hanura masing-masing secara berurutan 41 nama bakal caleg, 50 nama bakal caleg dan 43 nama bakal caleg.

Sementara partai politik yang mendaftarkan bakal caleg-nya di hari terakhir yakni Partai Nasdem menyerahkan 39 nama bakal caleg, PDIP (50 nama bakal caleg), PPP (45 nama bakal caleg), PBB (28 nama bakal caleg), PKPI (48 nama bakal caleg), Partai Demokrat (50 nama bakal caleg), PKB (50 nama bakal caleg) dan PAN (50 nama bakal caleg).

Fatah Masrun menyebut kendati sebagian besar dari 12 partai politik menyerahkan pengajuan berkas pendaftaran pada hari terakhir, petugas pemeriksa berkas dari Sekretariat KPU Tulungagung tetap sigap melayani. Bahkan mereka terlihat bekerja relatif cepat. “Meski petugas pemeriksa terbatas kami berusaha kerja secara cepat dan tepat. Kami yakin pemeriksaan berkas pada hari terakhir tidak akan sampai malam hari,” tuturnya.

Rencananya, KPU Tulungagung bakal melakukan verifikasi seluruh berkas bakal calon mulai tanggal 23 April sampai 6 Mei 2013. “Setelah itu tanggal 7-8 Mei 2013 kami akan umumkan hasil verifikasi tersebut ke semua partai politik peserta Pileg 2014,” ungkap Fatah Masrun.

You may also like...

     
+100%-