Partisipasi Pemilih Bisa Sampai 75 Persen

Penghitungan surat suara yang berlangsung di TPS 23 Kelurahan Bago Kota Tulungagung, Rabu (9/4).

Tulungagung, KPU Tulungagung

          Jumlah partisipasi pemilih dalam Pileg 2014 di Tulungagung cukup menggembirakan. KPU Tulungagung memprediksi jumlah pemilih bisa sampai mencapai 75 persen.

          Ketua KPU Tulungagung, Suprihno SPd MPd, Rabu (9/4), mengungkapkan dari hasil monitoring yang dilakukan KPU Tulungagung ke sejumlah TPS di Tulungagung disebutkan jumlah pemilih yang hadir dalam Pileg 2014 dikisaran 70 persen. “Bahkan ada yang mencapai 75 persen. Kami berharap rata-rata kehadiran bisa sampai 75 persen,” ujarnya.

          Tingkat partisipasi warga Tulungagung yang cukup tinggi dalam memilih ini membuat jalanan kota Tulungagung saat pemungutan suara terpantau sepi. Sejumlah toko di pusat perniagaan Kota Marmer terlihat lebih banyak yang tutup. Kalau pun kemudian buka, toko-toko tersebut buka pada pukul 12.00 WIB.

          Suprihno yang alumni Universitas Jember (Unej) ini selanjutnya mengatakan sampai saat proses perhitungan surat suara di sejumlah TPS kondisi Tulungagung tetap aman dan kondusif. Keadaan ini diharapkan dapat berlangsung terus tanpa gejolak.

          Sedang soal saksi dari partai politik, Suprihno mengakui jika tidak ada TPS yang terpantau jumlah saksinya sampai 12 orang. “Yang kami lihat dan terpantau memang jumlah saksi yang hadir rata-rata empat orang atau lima orang. Jadi tidak semua parpaol dapat menghadirkan saksi di TPS,” terangnya.

          Rencananya, setelah perhitungan di TPS, mulai tanggal 10-15 April 2014, PPS bakal melakukan rekapitulasi hasil suara. Kemudian dilanjutkan rekapitulasi oleh PPK yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 13-17 April 2014.

          Sedang rekapitulasi hasil suara Pileg 2014 di KPU Tulungagung direncanakan berlangsung pada tanggal 19-21 April 2014. Dan penyampaian ke KPU Jatim pada tanggal 20-22 April 2014.

You may also like...

     
+100%-