PASCA DIRESMIKAN, RPP “REYOG KENDHANG” KPU TULUNGAGUNG MULAI MENARIK PERHATIAN WARGA

2 siswa SD kelas 6 tengah mengunjungi RPP Reyog Kendhang (2/4)

2 siswa SD kelas 6 tengah mengunjungi RPP Reyog Kendhang (2/4)

Reporter : David Hartanto
Editor : Suyitno Arman

TULUNGAGUNG (kpu-tulungagungkab.go.id.) – Pasca diresmikan Jum’at (31/3/2017) lalu, Rumah Pintar Pemilu (RPP) “Reyog Kendhang” KPU Kabupaten Tulungagung sudah mulai menarik perhatian warga. Dua siswa Sekolah Dasar (SD) yang penasaran dengan keberadaan RPP Reyog Kendhang, minggu siang (2/4/2017) mendatangi kantor KPU Tulungagung di Jl. KHR. Abdul Fatah Tulungagung.

Keduanya adalah Armelda Cleary Nestaduhita dan Alam Narendra Dwicaraka, siswa kelas 6 SDN 1 Wajakkidul Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Melda, panggilan akrab Armelda Cleary Nestaduhita mengaku mengetahui RPP Reyog Kendhang dari facebook. Setelah dibuka di link-nya, berisi pemberitaan terkait peresmian RPP yang disitu juga menampilkan kesenian khas Tulungagung Reyog Kendhang.

“Semula sih penasaran, ada foto Reyog Kendhang dan disitu tertulis peresmian rumah pintar pemilu. Namanya rumah pintar kan bayangan kita mesti ada kaitannya dengan belajar-mengajar atau ilmu pengetahuan. Makanya mumpung ada kesempatan kita pingin lihat. Kebetulan hari Minggu itu ada jadwal try out di SMP 1 Tulungagung. Setelah selesai, sekalian kita mampir ke sini, kan dekat saja”, ujar Melda.

Armelda Cleary Nestaduhita, Siswa Kelas 6 SD, saat melihat-lihat RPP Reyog Kendhang (2/4)

Armelda Cleary Nestaduhita, Siswa Kelas 6 SD, saat melihat-lihat RPP Reyog Kendhang (2/4)

Saat ditanya apa kesan setelah mengunjungi dan melihat-lihat RPP, Melda mengaku sangat senang. “Terutama banyak gambar-gambar dan tulisan-tulisan tentang pemilu. Seperti apa tugas-tugas KPU, kapan pemilu pernah dilaksanakan, pemilu itu untuk memilih apa saja, dan sebagainya. Kan semua itu juga ada di pelajaran sekolah, yakni PKn. Tadi juga ada miniatur peraga tempat coblosan (red, TPS). Unik ya menurutku”, tambah Melda.

Salah satu guru yang mengantar siswanya, Widiawati, mengaku terkesan dengan RPP Reyog Kendhang. Perpaduan antara penyajian data-data, gambar-gambar atau alat peraga, dan bahkan miniatur seperti TPS bisa menancapkan kesan mendalam di benak siswa. Sehingga siswa bisa mudah terbantu untuk mengingatnya, disamping yang ia dapatkan dari buku-buku pelajaran di kelas. Ia bahkan berencana mengajak murid-murid yang lain untuk mengunjungi RPP di waktu mendatang. (VID/ARM)

You may also like...

     
+100%-