KPU TULUNGAGUNG IKUTI BIMTEK PENYERAHAN DUKUNGAN CALON PERSEORANGAN

Muhammad Arbayanto (baju putih) saat memberikan paparan di acara Bimtek Penyerahan Dukungan Calon Perseorangan, Minggu (26/11)

Muhammad Arbayanto (baju putih) saat memberikan paparan di acara Bimtek Penyerahan Dukungan Calon Perseorangan, Minggu (26/11)

SURABAYA (kpu-tulungagungkab.go.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung mengikuti  Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyerahan Dukungan Calon Perseorangan yang diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Timur (Jatim). Bimtek berlangsung di Yello Hotel Surabaya mulai Minggu (26/11/2017) sampai Senin (27/11/2017).

Acara bimtek yang dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Jatim, Eko Sasmito, SH., MH, ini diikuti KPU Kabupaten/Kota se-Jatim. Dan dari KPU Tulungagung yang hadir yakni Komisioner KPU Tulungagung Koordinator Divisi Hukum, Agus Safei, SH. dan Operator Silon Sekretariat KPU Tulungagung, Bagus Wahyu Permana.

Saat menyampaikan sambutan pembukaan, Eko Sasmito, mengungkapkan penyerahan berkas dukungan perseorangan pada hari terakhir sampai pukul 24.00 WIB. Hal ini berdasar peraturan terbaru, yaitu Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2017.

“Hari terakhir penyerahan dukungan tanggal 26 November 2017 untuk KPU Provinsi dan tanggal 29 November 2017 untuk KPU Kabupaten/Kota. Sebagai wujud KPU melayani harus siap sampai pukul 24.00 WIB, baik ada atau tidak pasangan calon perseorangan yang menyerahkan dukungan,” ujarnya.

Sedang, Komisioner Divisi Teknis KPU Provinsi Jatim, Muhammad Arbayanto, SH .,MH, saat memberikan paparan, menyatakan pentingnya KPU untuk proaktif dalam pelayanan pasangan bakal calon perseorangan. Utamanya dalam hal pengisian Silon (Sistem Informasi Pencalonan).

“KPU harus sedetil mungkin menjelaskan perihal Silon ini kepada bakal calon pasangan perseorangan. Jika diperlukan, KPU bisa memfasilitasi dalam pengisian Silon seperti yang diamanatkan dalam Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2017 pasal 17 ayat 2a,” jelasnya.

Sementara itu, Agus Safei di sela acara bimtek, menyatakan KPU Tulungagung siap membantu bakal calon pasangan perseorangan dalam proses penggunaan Silon. “Silahkan, bagi siapapun yang berminat mencalonkan diri dari jalur perseorangan, kami akan berikan akun untuk mengakses Silon. Tetapi  dengan syarat, harus mengirimkan surat mandat penunjukan operator Silon yang ditandatangani oleh bakal calon pasangan bupati dan wakil bupati yang akan menyerahkan dukungan,” katanya.

Rencananya, dalam hari terakhir bimtek besok, Senin (27/11/2017), bakal dilakukan simulasi penerimaan berkas bakal calon perseorangan dan pemantapan materi.

You may also like...

     
+100%-