KPU GELAR BIMTEK JELANG PENETAPAN DPT

Suprihno menyampaikan materi tentang daftar pemilih dalam acara bimtek di Gedung Media Center Kantor KPU Tulungagung, Selasa (17/4)

Suprihno menyampaikan materi tentang daftar pemilih dalam acara bimtek di Gedung Media Center Kantor KPU Tulungagung, Selasa (17/4)

TULUNGAGUNG (kpu-tulungagungkab.go.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Persiapan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung 2018. Bimtek berlangsung Gedung Media Center Kantor KPU Tulungagug, Selasa (17/04/2018).

Hadir dalam acara bimtek ini para Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) divisi data se- Kabupaten Tulungagung.

Ketua KPU Tulungagung, Suprihno, M.Pd., mengatakan tujuan penyelenggaraan bimtek untuk mengantisipasi kekeliruan ketika menetapkan DPT. Karena itu, ia mengintruksikan pada semua PPK membaca hasil rekapitulasi DPSHP yang kemudian akan di sinkronkan dengan jumlah daftar yang ada pada Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih). “Dan itu harus klop jumlahnya seperti jumlah pemilih laki – laki maupun perempuan, biasanya dalam hal ini sering terjadi kekeliruan, maka perlu dilakukan bimtek untuk mengantisipasi adanya kekeliruan. Apabila ada yang keliru bisa segera diperbaiki,” ujarnya.

Selanjutnya, menurut Suprihno, untuk menindaklanjuti dilakukan pengecekan data AC-KWK (non data base). Sebab KPU Tulungagung sudah mendapatkan intruksi dari KPU RI agar mencocokkan data AC-KWK dengan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4). “Itu kita cocokan kembali yang kemudian kita masukkan kedalam rekpitulasi DPS,” tuturnya.

Suprihno menambahkan, dalam pelaksanaan tahapan penyusunan DPT, KPU Tulungagung telah menggunakan aplikasi Sidalih dalam mengkroscek daftar pemilih di Tulungagung.

You may also like...

     
+100%-