KPU TULUNGAGUNG TERIMA RIBUAN KOTAK SUARA PEMILU 2019

[responsivevoice_button voice="Indonesian Female" buttontext="Dengarkan"]
Suprihno M.Pd mengecek kotak suara Pemilu 2019 yang telah tiba di Kantor KPU Tulungagung, Rabu (24/10)

Suprihno M.Pd mengecek kotak suara Pemilu 2019 yang telah tiba di Kantor KPU Tulungagung, Rabu (24/10)

TULUNGAGUNG (kpu-tulungagunkab.go.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung, Rabu (24/10/2018) pagi, menerima ribuan kotak suara dengan model transparan. Kotak suara ini bakal digunakan dalam Pemilu 2019 mendatang.

Kedatangan kotak suara Pemilu 2019 yang diangkut menggunakan truk kontainer tersebut langsung disimpan di gudang Kantor KPU Tulungagung dan gudang yang berada di Desa Panggungrejo Kecamatan Kauman.

Ketua KPU Tulungagung, Suprihno, M.Pd., Rabu (24/10/2018), mengungkapkankotak suara Pemilu 2019 memerlukan perlakuan khusus, tidak seperti kotak suara yang terbuat dari aluminium. Karenanya, KPU Tulungagung melakukan penyimpanan sesuai standar yang ditentukan oleh KPU RI.

“Kami berusaha agar kotak suara tidak sampai kena air dengan menggunakan palet besi saat menyimpan. Apalagi saat ini mulai musim hujan. Selain itu kami juga harus menjaga agar tidak sampai terbakar, karena bahannya memang rawan terbakar,” paparnya.

Suprihno selaku Koordinator Divisi Keuangan, Umum, Logistik dan Rumah Tangga KPU Tulungagung meminta kepada seluruh pihak yang terlibat dalam Pemilu 2019, termasuk di tingkat kecamatan dan desa bisa lebih menjaga kotak suara saat terdistribusi ke PPK dan PPS. Dia mengatakan kotak suara jangan sampai ditaruh di luar ruangan karena berpotensi kehujanan. Selain harus disimpan di tempat yang tidak terlalu lembab. “Dan jangan pula sampai melebihi 10 tumpukan saat menyimpan karena nanti dikhawatirkan bisa rusak,” tuturnya.

Namun demikian, lanjut pria yang alumni Universitas Jember (Unej) ini, kotak suara Pemilu 2019 terbilang cukup kuat kendati terbuat dari karton. Buktinya, ketika sudah dirakit, kotak suara mampu menahan beban berat. Termasuk bisa diduduki pria dewasa. “Kotak suara ini kuat. Di bagian depan juga ada bagian yang transparan,” tandas Suprihno ketika coba menduduki kotak suara tersebut.

Sesuai data yang diterima KPU Tulungagung, jumlah kotak suara Pemilu 2019 yang datang di Kantor KPU Tulungagung sebanyak 19.158 kotak suara. Nantinya kotak suara tersebut akan didistribusikan ke 3.766 TPS (tempat pemungutan suara) dan setiap TPS membutuhkan lima kotak suara.

You may also like...

     
+100%-