HADIRI RAKOR KESIAPAN PEMILU 2019 DI MAPOLDA JATIM

Suasana Rakor Kesiapan Pemilu 2019 di Mapolda Jatim, Selasa (6/11)

Suasana Rakor Kesiapan Pemilu 2019 di Mapolda Jatim, Selasa (6/11)

SURABAYA (kpu-tulungagungkab.go.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung, Selasa (06/11/2018), mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pemilu 2019. Rakor berlangsung di Ruang Rupatama, Mapolda Jawa Timur (Jatim) di Surabaya.

Hadir dalam kegiatan yang dimulai pukul 13.00 WIB ini, Kapolda Jatim beserta 13 Kapolres kabupaten/kota, Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim beserta 13 Kajari kabupaten/kota, KPU Propinsi diwakili oleh Komisioner Divisi Teknis Moh. Arbayanto, MH., beserta 13 komisioner KPU kabupaten/kota dan Komisioner Bawaslu Jatim beserta 13 komisioner Bawaslu kabupaten/kota di Jatim.

Selain itu juga hadir tim dari Komisi II dan Komisi III DPR RI. Yakni Zainudin Amali, Haris Kadir, Arteria Dahlan, Didik Mukrianto dan Wiwahadi P.

Para wakil rakyat tersebut mempertanyakan sejauh mana kesiapan Jatim dalam persiapan penyelenggaraan Pemilu 2019. Meski secara umum di Jatim indeks kerawanan pemilu rendah, namun secara jumlah pemilih Jatim merupakan propinsi kedua setelah Jabar yang terbanyak se-Indonesia.

Mereka berharap hal – hal yang dianggap bisa menggangu jalannya penyelenggaraan Pemilu 2019 di Jatim, seperti politik uang, politik sara, dan berita hoax agar bisa diminimalisir atau dihilangkan samasekali.

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luky Hermawan, dalam paparannya menegaskan dengan didukung data dan infografik yang meyakinkan jajaran Polda Jatim siap mengamankan dan menyukseskan Pemilu 2019. “Kesiapan personel sebanyak 50 ribu juga bisa ditambah jika ada keadaan kontijensi,” tandasnya.

Sedang Moh. Arbayanto, MH., memaparkan kesiapan dan tahapan yang telah dilalui oleh KPU Jatim dan KPU kabupaten/kota se-Jatim. Ia pun menjelaskan tentang tantangan sumber daya manusia (SDM) penyelenggara Pemilu 2019, dimana akan dibutuhkan banyak personel untuk memenuhi kebutuhan sebagai Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Akibat periodesasi masa jabatan KPPS maka sejumlah SDM tentu nanti ada yang belum berpengalaman. Untuk itu, KPU siap memperkuat kelembagaan demi suksesnya Pemilu 2019,” tuturnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Tulungagung, Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara, H. Victor Febrihandoko S.Sos,. yang hadir dalam rakor menyatakan KPU Tulungagung sudah siap untuk menyelenggarakan Pemilu 2019 dengan berintegritas dalam seluruh tahapan.

You may also like...

     
+100%-