SOSIALISASI KPU FOKUS KE PEMILIH PEMULA

Victor Febrihandoko saat memberi materi sosialisasi pemilih pemula dalam acara KPU Goes to School di SMAN 1 Boyolangu (6/12)

Victor Febrihandoko saat memberi materi sosialisasi pemilih pemula dalam acara KPU Goes to School di SMAN 1 Boyolangu (6/12)

TULUNGAGUNG (kpu-tulungagungkab.go.id) – Pemilih pemula menjadi sasaran utama sosialisasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung  menjelang pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2019 mendatang. Terbaru, KPU mensosialisasikan tahapan pemilu di SMAN I Boyolangu pada Kamis  (06/12/2018).

“Pelajar harus diberi wawasan tentang pemilu, “tegas Kepala Sekolah Muji Rahayu, M.Pd.

Menurutnya pelajar menjadi generasi penerus bangsa. Mereka wajib mengetahui tentang proses demokrasi Indonesia, mulai dari tahapan yang paling kecil di lingkup kabupaten. Pengetahuan pemilu akan bisa dijadikan dasar dalam menentukan sikap politik atau menyalurkan hak pilihnya bagi yang sudah memenuhi syarat.

Ketua KPU Suprihno, M.Pd., mengaku senang karena KPU sudah difasilitasi untuk melakukan sosialisai. KPU memang sudah merencanakan secara matang terkait target sosialisasi pemilu 2019. Suprihno juga mengenalkan terkait dengan KPU, sebagai lembaga yang mempunyai kewajiban sebagai pelaksana teknis pemillu mulai tingkat pusat hingga kabupaten.

“KPU merupakan lembaga independen pemerintah yang mengurusi terkait tentang pemilihan pemimpin ,” terangnya.

Sementara itu, komisione KPU Victor Febrihandoko menjelaskan bahwa di pemilu 2019 nanti akan berbeda dengan pemilu lainnya. Karena pemilih akan langsung mendapatkan lima surat suara. Lima surat suara tersebut adalah DPRD Kabupaten atau Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, dan Presiden.

Begitu juga dengan komisioner, bidang perencanaan data dan informasi Muh.  Khoirul Anam. Dia meminta kepada peserta untuk mengecek namanya sudah masuk dalam Daftar Pemilihan Tetap (DPT) apa belum.  “Silahkan mendownload aplikasi  KPU di playstore. Cek nama anda,”pintanya.

You may also like...

     
+100%-