PENDIDIKAN POLITIK BAGI CALEG PEREMPUAN

Suasana Sosialisasi dan Penddikan Politik Caleg Perempuan di Liiur Cafe and Resto Tulungagung (10/12)

Suasana Sosialisasi dan Penddikan Politik Caleg Perempuan di Liiur Cafe and Resto Tulungagung (10/12)

TULUNGAGUNG (kpu-tulungagungkab.go.id) – KPU Tulungagung terus melakukan sosialisasi dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Salah satunya dengan memberikan pendidikan politik bagi caleg perempuan se-Tulungagung, Senin (10/12/2018).

Acara yang berlangsung di Liiur Cafe & Resto Kota Tulungagung ini, menampilkan dua narasumber dari KPU Tulungagung. Keduanya adalah anggota KPU Tulungagung, H. Victor Febrihandoko, S.Sos., dan anggota KPU Tulungagung, H. Mustofa, SE., MM.

Saat memaparkan materi affirmative action dan quota, Victor Febrihandoko menyinggung tentang diistimewakannya perempuan dalam sistem politik di Indonesia. “Keistimewaan ini dipandang perlu untuk dilakukan karena adanya beberapa argumen” tuturnya.

Victor Febrihandoko kemudian menjelaskan, argumen pertama adalah tentang kesetaraan dan keadilan. “Perempuan memiliki kesempatan yg sama dalam mempengaruhi, menentukan dan membuat kebijakan dalam sistem demokrasi,” katanya.

Sedang argumen yang kedua, menurut pria berkacamata ini karena adanya kepentingan perempuan. Artinya, tidak semua kepentingan perempuan bisa di pahamai dan diwakili secara memadai oleh laki-laki.

“Dan argumen yang ketiga adalah emansipasi dan simbolik. Yakni, usaha mengurangi sistem patriarki sehingga tidak ada diskriminasi bagi perempuan dalam kesempatan berperan di seluruh bidang,” paparnya.

Sementara itu, Mustofa yang menyampaikan materi tentang kampanye Pemilu 2019 mengajak semua caleg perempuan di Tulungagung untuk taat pada aturan kampanye dalam Pemilu 2019. “Karena itu, untuk bisa tertib aturan maka panjenengan semua wajib mengetahui dan paham terlebih dahulu tentang aturan mainnya tersebut,” ucapnya.

Setelah memaparkan semua aturan-aturan kampanye dalam Pemilu 2019, Mustofa meminta semua caleg perempuan untuk bisa mendorong peningkatan partisipasi pemilih dengan melaksanakan kampanye yang sehat, mentaati aturan main dan tidak melanggar peraturan yang ada.

You may also like...

     
+100%-