KPU TULUNGAGUNG IKUTI SOSIALISASI SPIP

Suasana sosialisasi pedoman pelaksanaan keuangan tahapan pemilu 2019 dan bimtek penyusunan SPIP tahun 2018 di Home Premier Gresik (13/12)

Suasana sosialisasi pedoman pelaksanaan keuangan tahapan pemilu 2019 dan bimtek penyusunan SPIP tahun 2018 di Home Premier Gresik (13/12)

GRESIK (kpu-tulungagungkab.go.id) – Jelang pemilihan umum (pemilu) 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung terus berbenah.

Terbaru, penyelenggara pemilu mengikuti sosialisasi pedoman pelaksanaan keuangan tahapan pemilu 2019 dan bimtek penyusunan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP). Acara tersebut dilaksanakan di Home Premier Kabupaten Gresik pada Rabu dan Kamis (12-13/12/2018).

Adapun sebagai peserta yakni seluruh ketua KPU kabupaten/kota se Jawa Timur (Jatim), sekretaris, subbag hukum dan pengawasan, serta operator SPIP.

Sedangkan pengisi materi disampaikan oleh inspektorat KPU RI dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) provinsi Jatim.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Provinsi Jatim Eko Sasmito mengatakan, pihaknya kembali menekankan agar KPU provinsi/kabupaten/kota bisa melaksanakan anggaran semaksimal mungkin. Dalam arti bisa menyampaikan laporan keuangan secara tertib, akuntabel, dan transparan.

Menurutnya, terkait SPIP yang harus dipertimbangkan adalah sistem pelaporannya. Kartu kendali disetiap kabupaten/kota harus tertib dan setiap triwulan harus dilaporkan ke provinsi.

“Setelah itu dilaporkan ke sistem, sehingga pengawasan internal berjalan,” katanya.

Eko melanjutkan, sampai saat ini ada beberapa kota yang sudah 100 persen menjalankan SPIP. Sedangkan di beberapa daerah lain masih harus melengkapi.

“Targetnya 2 hingga 3 hari kedepan sistem pelaporan internal bisa diselesaikan,” ujarnya.

You may also like...

     
+100%-