DI SMKN 1 REJOTANGAN, KPU KENALKAN SPECIMEN SURAT SUARA

Anggota KPU Tulungagung Divisi Teknis Victor Febrihandoko saat menunjukan Specimen Surat Suara pada Pemilu 2019 dalam acara KPU Goes to School di SMKN 1 Rejotangan (8/2)

Anggota KPU Tulungagung Divisi Teknis Victor Febrihandoko saat menunjukan Specimen Surat Suara pada Pemilu 2019 dalam acara KPU Goes to School di SMKN 1 Rejotangan (8/2)

TULUNGAGUNG (kpu-tulungagungkab.go.id) – Pemilih pemula atau yang saat ini identik dengan sebutan generasi milenial terus di sasar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung untuk dijadikan target sosialisasi. Terbaru, lembaga independen tersebut mendatangi SMKN 1 Rejotangan pada Jum’at (8/2/2019) untuk memberikan sosialisasi.
Dalam acara yang dikemas dalam kegiatan KPU goes to school tersebut KPU Tulungagung mengenalkan specimen surat suara yang akan digunakan dalam pemungutan suara 17 April mendatang.
Ketua KPU Tulungagung Suprihno, M.Pd., mengatakan, di tempat pemungutan suara (TPS) nanti akan ada lima warna kertas suara yang disediakan untuk calon pemilih. Kelima surat suara tersebut yakni untuk pilpres, pileg DPR RI, pileg DPRD provinsi, pileg DPRD kabupaten/kota, dan pemilihan anggota DPD.
“Meski ada lima, namun masing-masing surat suara tersebut memiliki warna yang berbeda,” katanya.
Suprihno, M.Pd., menjelaskan, warna kuning digunakan untuk DPR RI. Warna merah untuk DPD, warna biru untuk DPRD provinsi, warna hijau untuk DPRD kabupaten/kota, dan warna abu-abu untuk presiden dan wakil presiden.
“Selain dari segi warna, substansi dari surat suara tersebut juga pasti berbeda,” imbuhnya.
Suprihno, M.Pd., melanjutkan, dengan adanya sosialisasi ini diharapkan para pemilih pemula tidak kaget saat melakukan pencoblosan. Selain itu, pihaknya meminta agar informasi ini bisa diteruskan ke teman dan keluarga.
“Jumlah pemilih pemula tidak sedikit, jadi sangat perlu berbagi informasi kepada mereka,” ucapnya.
Sementara itu Kepala Sekolah SMKN 1 Rejotangan Drs. Mulyo Hartanto, M.Pd., mengatakan, pihaknya juga berharap siswa-siswi nya yang sudah tercatat dalam DPT agar menggunakan hak pilihnya dengan baik. Pilihlah sesuai hati nurani dengan melihat rekam jejak masing-masing calon.

You may also like...

     
+100%-