KPU TULUNGAGUNG HADIRI UPACARA PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI DI HALAMAN PEMKAB

Saat Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Pemda Tulungagung.

Saat Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Pemda Tulungagung.

TULUNGAGUNG (kpu-tulungagungkab.go.id)Jumat (17/8/2019) tepat pukul 09.00 WIB, suara dentuman meriam menggelegar tujuh belas kali di halaman Kantor Bupati Tulungagung Jalan A. Yani. Suara makin membahana melalui sound system dengan disertai suara sirene yang meraung-raung menandai peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Memang pagi itu tengah dilakukan upacara bendera memperingati Kemerdekaan RI ke-74. Yang menjadi inspektur upacara adalah Bupati Tulungagung Drs H. Maryoto Bhirow., MM, Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung Supriyono bertindak sebagai pembaca teks proklamasi. Tampil sebagai komandan upacara adala Akp. Saimun  Sholeh, MM., Kasad Sabhara Polres Tulungagung.

Upacara berlangsung dengan khidmat tertib dan lancar. Semakin semarak dengan penampilan atau atraksi dari Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang melibatkan personil dari gabungan siswa-siswi SMA/MA se-Kabupaten Tulungagung. Sambutan hangat dan applaus dari tamu undangan, peserta upacara, maupun pengunjung tak terelakkan. Hadir dalam acara tersebut Komisioner dan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tulungagung.

Seperti tahun kemarin, upacara bendera memperingati Kemerdekaan RI ke-74 tahun, tidak kami ikut sertakan staf Sekretariat KPU Tulungagung untuk hadir dalam upacara tersebut. Hal itu juga sekaligus menindaklanjuti Surat Edaran KPU RI Nomor 10 tahun 2019 tentang partisipasi dalam rangka memeriahkan bulan kemerdekaan serta melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke -74. Dalam surat itu diinstruksikan agar seluruh satker KPU se-Indonesia melaksanakan upacara bendera di satker masing-– masing KPU Kabupaten/Kota, jadi sebelum kami menghadiri acara di pemkab Tulungagung terlebih dahulu sudah melaksanakan upacara bendera di kantor KPU Tulungagung, ungkap Mundiyar selaku Sekretaris KPU Tulungagung.

Ketua KPU Kabupaten Tulungagung Mustofa mengatakan, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya pihaknya selalu terlibat dalam upacara bendera peringatan proklamasi kemerdekaan RI. Dengan pertimbangan teknis, kita ikut upacara yang dilaksanakan di Pemkab. Selain sebagai undangan, beberapa staf juga kita libatkan sebagai peserta, kata Mustofa.

Komisioner KPU lainnya Muchamad Amarodin,  merasa bangga turut diundang dalam kegiatan upacara bendera yang dilaksanakan di Pemkab. “Alhamdulillah kita ada dimasa dimana kemerdekaan sudah menjadi milik kita. Maka kita wajib bersyukur dan mengisi kemerdekaan ini, salah satunya adalah peran serta pada upacara seperti ini. Meski tidak ada penanda khusus di kursi undangan, namun terdapat petugas yang mengarahkan undangan sehingga saya bisa duduk bersebelahan dengan unsur kepolisian dan TNI, ujar Amar.(vid)

You may also like...

     
+100%-