KPU TULUNGAGUNG IKUTI ORIENTASI TUGAS DI GRAND MERCURE HARMONI JAKARTA

Ketua KPU RI Arief Budiman saat pembukaan Orientasi Tugas (ORTUG)

Ketua KPU RI Arief Budiman saat pembukaan Orientasi Tugas (ORTUG)

Jakarta.(kpu-tulungagung.go.ig) KPU Kabupaten Tulungagung yang dilantik sejak 1 April 2019 lalu akhirnya bisa mengikuti Orientasi Tugas (ORTUG) oleh KPU RI. Kegiatan peningkatan SDM ini berlangsung di hotel Grand Mercure Harmoni mulai 1-5 Oktober 2019.

Ortug yang seharusnya dilaksanakan pasca pelantikan awal April lalu tidak bisa dilakukan karena mepetnya dengan tahapan Pemungutan Suara 17 April. Sehingga waktu itu KPU Kabupaten Tulungagung langsung melakukan orientasi lapangan alias learning by doing. Nah kesempatan ortug pun datang pada awal Oktober ini. Ketua KPU Kabupaten Tulungagung Mustofa beserta 4 komisioner yakni Agus Syafei, Mochamad Amarodin, Muhammad Arif dan Susanah ikut serta dalam acara tersebut.

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan komisioner KPU Kabupaten /Kota se-Indonesia. Dari Jawa Timur sendiri selain Kabupaten Tulungagung juga ada beberapa daerah yang ikut, yakni Sampang, Bangkalan, Probolinggo, Jombang dan Kota Mojokerto. Ortug gelombang V ini dibuka langsung oleh ketua KPU RI Arief Budiman. Turut hadir pula pada acara pembukaan komisioner KPU RI, di antaranya yakni Ilham Saputra, Pramono Ubaid Tanthowi, dan Hasyim Asy’ari.

Pada kesempatan tersebut ketua KPU RI Arief Budiman memaparkan akan pentingnya memahami tupoksi antara Leader dan Manager. “Seorang leader harus banyak inovasi, berbeda dengan manager yang lebih fokus pada administrasi,” ujarnya. Leader dalam konteks KPU adalah para komisioner sedangkan manager adalah sekretariat KPU. Keduanya harus berjalan beriringan dan seimbang. ” Komisioner KPU harus punya kharisma dan selalu berfikir out of the box. Sementara sekretariat harus fokus pada sistem dan struktur organisasi,” tegas beliau. Semoga dengan mengikuti kegiatan orientasi tugas ini, KPU Kabupaten Tulungagung bisa memperoleh wawasan kepemiluan yang luas dan dalam. Sehingga dapat dijadikan bekal dalam mengelola dan mencari inovasi untuk KPU ke depan yang lebih baik.(mst)

You may also like...

     
+100%-