KPU TULUNGAGUNG LAYANI SURAT AUTENTIFIKASI 11 PARTAI POLITIK

Staf sekretariat KPU saat menyerahkan surat autentifikasi kepada staf sekretariat Partai Hanura.

Staf sekretariat KPU saat menyerahkan surat autentifikasi kepada staf sekretariat Partai Hanura.

Tulungagung (kpu-tulungagungkab.go.id) Setelah dua Partai Politik yakni Golongan Karya, dan Partai Gerindra kemarin, Rabu, 23 Oktober 2019 KPU Tulungagung kembali melayani permintaan surat autentifikasi kepada beberapa partai politik. Surat keterangan autentifikasi yang isinya menerangkan jumlah suara sah dan jumlah perolehan kursi partai politik peserta Pemilu 2019 ini sangat penting bagi partai politik sebagai dasar acuan menetapkan besaran nilai bantuan yang akan diterima.

Surat keterangan autentifikasi merupakan salah satu syarat partai politik yang digunakan untuk pengajuan bantuan keuangan kepada pemerintah. Yang mana mekanismenya sudah jelas diatur dalam Permendagri nomor 36 Tahun 2018 tentang Perubahan atas peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 6 tahun 2017 tentang tata cara  Penghitungan, Penganggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dan Tata Tertib Administrasi Pengajuan, Penyaluran, dan Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Bantuan Keuangan Partai Politik. Memang bantuan keuangan merupakan hak bagi partai politik karena mereka adalah sarana untuk menyalurkan dan memperjuangkan aspiriasi politik secara sah dalam sebuah negara demokrasi seperti Indonesia.

“Perlu diketahui bahwa di Tulungagung terdapat 11 partai politik peserta Pemilu 2019 yang memperoleh kursi di DPRD Kabupaten Tulungagung, sehingga tahun ini mereka bisa mengajukan bantuan keuangan partai politik. Bantuan keuangan partai politik pada tahun 2019 dibagi menjadi 2 termin pencairan, termin pertama diperuntukkan bagi partai politik peserta Pemilu tahun 2014 dan pada termin kedua peruntukannya untuk partai politik peserta Pemilu  2019. Semua sudah kami siapkan surat keterangan autentifikasinya sampai dengan hari ini Selasa, 29 Oktober 2019 sudah 9 partai politik sudah mengajukan surat autentifikasi yang 2 partai politik masing masing PKS dan PBB, hari ini sudah kita konfirmasi untuk segera diambil”, terang David Hartanto selaku Kasubag Teknis dan Hupmas. (ifa)

You may also like...

     
+100%-