STRATEGI MENANGKAL HOAX PILKADA DAN PEMILU DENGAN MEME DAN KARTUN

Wahyu Kokang, kartunis jawa pos saat menyampaikan materi pada  bimtek parmas.

Wahyu Kokang, kartunis jawa pos saat menyampaikan materi pada bimtek parmas.

Bondowoso (kpu-tulungagungkab.go.id). Hari kedua bimtek partisipasi masyarakat KPU Provinsi Jawa Timur yang di laksanakan di Kabupaten Bondowoso juga membahas strategi menangkal hoax  pilkada dan pemilu dengan meme dan kartun yang di percayakan pada Wahyu Kokang selaku praktisi/kartunis Jawa Pos untuk membawakan materi tersebut.

Dalam penyampaian materi Wahyu Kokang mengatakan ada ciri khas berita hoax biasanya mengakibatkan kecemasan , tidak berimbang, provokatif dan cenderung menyudutkan salah satu pihak, entah berupa hoax berita, foto atau video.

 ” tips untuk menangkal ketiga hoax tersebut ada beberapa cara, membuat meme atau foto tandingan yang sifatnya menghibur, mudah dipahami publik dengan kata2 lugas tidak membinggungkan serta d share di beberapa medsos” ujar Wahyu Kokang.

Wahyu Kokang menambahkan ada beberapa yang perlu dilakukan bagi kabupaten yang mau mengadakan pilkada tahun 2020, yaitu memberikan edukasi  lewat meme atau foto lewat grop medsos, melibatkan generasi muda  dalam penyebaran virus anti hoax serta menanamkan perilaku anti hoax kepada generasi muda lewat sekolah, lomba2 anti hoax. (amr)

You may also like...

     
+100%-