KOORDINASI KPU-BAWASLU KOTA MALANG, BAHAS PEMILIHAN HINGGA SEKOLAH PEMILU

[responsivevoice_button voice="Indonesian Female" buttontext="Dengarkan"]

Malang, kpu.go.id – Sudah selayaknya penyelenggara pemilu disemua tingkatan memiliki hubungan yang harmonis dan saling mendukung satu sama lain. Komunikasi dan koordinasi juga penting untuk terus dijaga agar kesamaan pemahaman dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing.

Berangkat dari hal tersebut, pada Selasa (16/2/2021), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang menerima kunjungan Bawaslu setempat untuk meningkatkan pemahaman dan koordinasi. Hadir menerima kunjungan ini seluruh Anggota KPU Kota Malang dan Sekretaris. Sedangkan Bawaslu Kota Malang hadir Ketua Alim Mustofa, Anggota Erna Maghfiroh dan Koordinator Sekretaris Bawaslu Kota Malang, Aninditya.

Anggota KPU Kota Malang Deny Rachmat Bachtiar sepakat sebagai sesama penyelenggara pemilu, KPU dan Bawaslu perlu terus menjaga sinergitas. Meski tidak dalam tahapan pemilu, namun koordinasi dan komunikasi harus terjaga dengan baik. “Baik KPU maupun Bawaslu Kota Malang memandang penting koordinasi dan komunikasi seperti ini. Sebelum pandemi, kami pun sering berkunjung ke kantor Bawaslu Kota Malang,” ungkapnya.

Deny menambahkan bahwa pertemuan semacam ini sesungguhnya tidak harus diagendakan formal. Topik pembicaraan pun menurut dia seringkali mengalir, mulai dari diskusi pengalaman Pemilihan 2018 serta Pemilu 2019 hingga diskusi tentang kesiapan pelaksanaan pemilihan dan Pemilu 2024. “Bahkan rencana kegiatan bersama di luar tahapan pemilu juga seringkali didiskusikan. Ada kegiatan yang bisa kita sinergikan, misalnya sekolah pemilu untuk pelajar dan mahasiswa,” tambah pria kelahiran Indramayu, Jawa Barat ini.

Senada Alim Mustofa mengatakan bahwa kunjungan ini sesungguhnya telah direncanakan jauh-jauh hari. Namun karena pandemi, niatan tersebut tertunda. Pria penyuka kopi arabika ini juga membenarkan bahwa salah satu tujuan kedatangan lembaganya adalah membicarakan kesiapan penyelenggaraan pemilihan yang akan datang. (kpu kota malang/ed diR)(repost KPU-RI)

You may also like...

     
+100%-